How To Create Marketing Plan ?

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Salah satu upaya agar meningkatkan pendapatan adalah dalam berbisnis atau berusaha maka kita harus memikirkan dengan cara apa atau dengan strategi apa lagi yang tujuannya hanya satu yaitu untuk meningkatkan penjualan dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan .

Dalam kondisi lingkungan bisnis yang senantiasa berubah dan tingkat persaingan dalam merebut pangsa pasar semakin ketat. Upaya pemasaran produk merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi bisnis, termasuk agribisnis. Kegiatan pemasaran dapat menjadi sumber kegagalan perusahaan dan atau menjadi tempat pemborosan jika tidak direncanakan dengan baik.
Strategi pemasaran dirumuskan berdasarkan SWOT dan sasaran yang ingin dicapai, dan penetapannya terutama didasarkan pada pertimbangan biaya dan manfaat, serta kemampuan sumberdaya untuk melaksanakannya

Apa hubungan antara rencana pemasaran Anda dan rencana bisnis Anda atau visi? Rencana bisnis Anda menguraikan apa bisnis Anda adalah tentang – apa yang Anda lakukan dan tidak lakukan, dan apa tujuan akhir Anda. Ini meliputi lebih dari pemasaran, melainkan dapat mencakup diskusi lokasi, kepegawaian, pembiayaan, aliansi strategis dan sebagainya.
Ini mencakup “visi,” kata-kata gemilang yang menguraikan tujuan mulia perusahaan Anda . Rencana bisnis Anda adalah pedoman dari bisnis Anda: Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang di luar rencana bisnis, Anda perlu berubah pikiran atau mengubah rencana. Rencana bisnis perusahaan Anda menyediakan lingkungan di mana rencana pemasaran Anda harus berkembang.

Tujuan dari sebuah rencana pemasaran sebagai berikut:

•    Memungkinkan perusahaan untuk melihat secara internal dalam rangka untuk memahami dampak dan hasil keputusan pemasaran masa lalu.
•    Melengkapi perusahaan untuk melihat eksternal dalam rangka untuk memahami pasar bahwa target dan kompetisi di ruang tersebut.
•    Menetapkan tujuan masa depan dan memberikan arahan untuk inisiatif pemasaran mendatang.

Salah satu proses awal sebelum menetapkan sebuah strategi pemasaran adalah melakukan riset pemasaran. Riset pemasaran merupakan input bagi pemilik usaha yang perlu  ditindak lanjuti melalui proses-proses selanjutnya hingga akhirnya produk benar-benar siap diterima oleh pasar. Biasanya sebelum meluncurkan sebuah produk baru perlu dilakukan riset pemasaran ini.

Sesungguhnya riset pemasaran memegang peranan yang cukup penting bagi suksesnya sebuah di dalam meluncurkan produknya. Bagi Kelompok Usaha Kecil Dan Menengah hampir-hampir kosa kata ini tidak pernah masuk dalam kamus pemasaran produknya.

Bagi sebagian yang lain Riset Pemasaran mungkin sudah dilakukan, hanya saja tidak secara khusus dilakukan melalui lembaga semisal Research and Development. Meski riset pemasaran ini akan di formalkan atau tidak, tidaklah terlalu penting, yang terpenting adalah sebelum meluncurkan produk ke pasar perlu di dahului dengan Riset Pemasaran yang akan menentukan strategi pemasaran apa yang akan dipakai.

Ada tiga metode riset pemasaran yang cukup poluler yang biasa diterapkan untuk mengetahui apakah produk bisa diterima di pasaran atau tidak.
1.    Kuesioner.
2.    Grup Fokus.
3.    Survei

Dengan adanya riset pemasaran maka kita akan mengetahui kebutuhan pelanggan atau pembeli dan dengan demikian maka kita dapat menerapkan strategi pemasaran yang akan kita gunakan sehingga pastilah kita akan mencapai tujuan akhir kita yaitu untuk meningkatkan pendapatan.

 

 

(Iin Caratri/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x