Tips For Designing Marketing Plan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Tidak terasa kita sudah sampai pada bulan terakhir di tahun ini. Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membuat rencana tahun depan. Jangan sampai terlambat dan tidak membuat rencana apa-apa. Sebab itulah yang akan menjadi acuan Anda, sehingga Anda tahu apa yang akan Anda lakukan pada tahun mendatang. Lalu apa yang harus dilakukan?? Target sudah ditetapkan, tapi bagaimana untuk mencapainya. Tidak mungkin dapat mencapai target hanya dengan menghayal saja.

Seorang marketing harus membuat rencana kegiatan yang matang untuk mencapai target tersebut. Bukan hal yang mudah tapi bukan juga hal susah jika benar-benar mau mempersiapkannya dan bekerja keras.

Banyak marketing merasa bos terlalu banyak menuntut dengan meminta rencana kegiatan secara detail dan apa yang akan dilakukan untuk mencapai targetnya. Tidak bisa hanya menjalani saja yang ada, sambil berjalan melakukan kegiatan-kegiatan rutin dan mudah-mudahan target yang sudah ditetapkan akan tercapai. Tidak bisa demikian, berjalan hanya berdasarkan untung-untungan. Setiap manusia harus memiliki target dalam kehidupannya dan rencana untuk mencapai target tersebut. Apalagi seorang marketing dengan target “selangit” yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
Sebab itu apa yang harus dilakukan?

Beberapa tips dalam membuat rencana kegiatan.

1. Tentukan sasaran atau target yang akan dicapai pada tahun depan. Menentukan sasaran atau target sangat penting, sehingga Anda tahu apa yang akan dicapai pada tahun depan.  Mungkin dapat dibagi per triwulan atau per semester sehingga rencana kegiatan dapat dibuat lebih detail.

2. Setelah itu buatlah rencana kegiatan untuk mencapai target tersebut.

3. Jangan hanya membuat sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan. Atau hanya diawang-awang. Hanya untuk membuat rencana Anda terlihat luar biasa padahal hal tersebut mungkin mustahil untuk Anda lakukan.

4. Buatlah rencana secara detail, sebutkan secara spesifik.  Contohnya : apa yang akan Anda lakukan untuk menjual suatu produk dan pelanggan mana saja yang akan Anda kunjungi. Berapa frekwensi kunjungan yang akan Anda lakukan kepada pelanggan dalam satu minggu.

5. Buatlah sesuatu yang dapat diukur sehingga Anda dapat mengevaluasi secara berkala, berapa persen pencapaian yang sudah Anda raih. Misalnya, 20 kunjungan yang akan Anda lakukan selama satu minggu.

6. Buatlah time table untuk menentukan waktu-waktu, kapan Anda akan melakukan setiap rencana kegiatan yang sudah Anda susun.

7. Jadwalkan evaluasi per triwulan, per semester untuk melihat tingkat keberhasilan yang Anda telah capai.

Inilah beberapa tips dalam menyusun rencana kegiatan untuk tahun mendatang. Semoga bermanfaat.

 

 

(Mevy Sinambela/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x