Special Treatment For Special Customer

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam menjalankan bisnis, kita sering menemui bahwa selalu ada orang-orang yang mengajukan permintaan yang khusus, di luar dari kebiasaan yang Anda lakukan.  Anda mungkin sudah menawarkan potongan harga/discount, pemberian kupon-kupon menarik atau bonus kepada customer Anda. Tetapi tetap saja ada beberapa customer yang menginginkan sedikit extra dan mereka tidak takut untuk memintanya. Karena itu, sebagai seorang marketing, Anda harus siap menghadapi permintaan special ini, apakah Anda akan meluluskan permintaan tersebut atau mengatakan tidak kepada customer Anda.

Tentu kita selalu ingin berhasil dalam bisnis kita dan tentu saja sebagai seorang marketing kita ingin mencapai target kita dan mencapai lebih besar dari apa yang pernah kita raih.  Seperti telah disebutkan sebelumnya , beberapa dari calon customer atau customer kita akan meminta special treatment seperti discount atau permintaan-permintaan khusus lainnya. Kita harus memperhatikan beberapa factor untuk menentukan keputusan yang terbaik baagi kita dan bagi bisnis kita, Jadi, apa saja faktor-faktor tersebut ?

Anda harus mempertimbangkan  yang pertama adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk memenuhi special request itu. Jika Anda telah memberikan discount tetapi customer Anda tetap meminta lebih dari itu. Dapatkah Anda menghindarinya atau apakah waktu dan cost yang Anda keluarkan masih dibawah penghasilan yang Anda dapatkan. Yang jelas Anda tidak mungkin membiarkan diri Anda menanggung kerugian jikalau Anda meluluskan permintaan khusus dari customer Anda.  Hal lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah feedback apa yang akan Anda peroleh setelah Anda meluluskan permintaan khusus dari customer Anda, sebagai contoh, dengan Anda meluluskan permintaan tersebut maka customer Anda akan meluaskan jaringan penjualan Anda kepada relasi-relasinya yang lain , mungkin keluarga, kerabat dan relasi-relasi bisnis lainnya.

Sebagai seorang marketing, dalam menghadapi special request Anda harus dapat mempertimbangkan beberapa hal dan mengambil keputusan yang penting. KAdangkala mungkin permintaan itu sangat sulit untuk dikabulkan tetapi tentu saja dengan memperhatikan factor-faktor yang special pula, tidak mustahil hal itu dapat dikabulkan. Tentu saja Anda tetap harus fleksibel dan tetap dalam pertimbangan-pertimbangan yang memperhatikan kelangsungan bisnis Anda bukan hanya dalam jangka waktu dekat tetapi dalam jangka penjang.

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x