Membangun Loyalitas Customer

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Loyalitas adalah bagian yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis.  Apabila anda menghendaki bisni anda tumbuh berkembang, adlah hal yang penting untuk memperoleh penjualan ulang atau pesanan ulang dari si pembeli.  Bagaimanapun, adalah lebih murah mempromosikan produk kita kepada customer yang telah ada daripada mencari customer baru.  Apabila anda hendak mendongkrak penjualan anda, adalah perlu untuk anda focus pada customer yang telah ada.

Berikut adalah cara yang sederhana untuk meraih loyalitas customer anda:

1.    Berikan customer anda after sales service

Artinya anda masih terus membantu customer anda bahkan setelah transaaksi penjualan selesai.  Anda dapat memberikan mereka saran cara penggunaan produk secara tepat, tips pemeliharaannya dan jasa layanan penunjang lainnya.  Melakukan hal demikian, membuat orang menjadi familiar dengan anda dan dapat membangun kepercayaan mereka terhadap anda. Hal ini juga akan membuat anda tetap menjalin hubungan dengan customer anda.
Suatu ketika nanti apabila customer anda memerlukan penawaran lainnya, mereka akan langsung mengingat anda.  Mereka pun dapat memberikan referensi mengenai anda kepada pihak lainnya yang mereka kenal saat membutuhkan barang yang sama.

2.    Tunjukkan pada customer anda bahwa anda sangat menghargainya

Adalah pentingn bahwa anda memperlihatkan kepada customer anda bahwa anda sangat menghargai mereka.  Kirimkan mereka ucapan terima kasih setelah transaksi penjualan berhasil bahkan hanya dengan ucapan sederhana saja dapat membuat mereka tetap merasa berhubungan dengan anda.  Banyak bisnis tidak lagi melakukan hal tersebut padahal ini adalah hal kecil yang dapat berefek besar dalam kelangsungan bisnis dimasa mendatang.

3.    Tetap jalin hubungan dengan customer anda

Melakukan hal ini, anda perlu untuk mempunyai informasi lengkap mengenai customer anda seperti: nama, alamat, no telp dan alamat email.  Apabila anda telah memilikinya menjadi bank data anda, akan menjadi mudah bagi anda untuk menghubungi mereka dan mengutarakan penawaran terakhir anda kepada mereka.  Apabila anda mempunyai informasi perihal tanggal ulang tahun mereka, adalah baik untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada mereka dan jangan lupa juga untuk mengirimkan ucapan selamat di hari raya atau libur.
Dengan menjalin hubungan baik terhadap customer, anda dapat membuat mereka merasa dipedulikan / diperhatikan oleh anda.  Anda bahkan dapat memberikan penawaran khusus atau discount untuk dapat membuat mereka merasa penting bagi anda.

4.    Sediakan incentive

Ini adalah cara efektif lainnya untuk meraih loyalitas customer.  Sediakan incentive bagi customer anda sehingga mereka akan termotivasi untuk membeli kembali.  Tidak perlu incentive yang besar / mahal, sebagai contoh:  pemberian point reward untuk pembelanjaan minimum sekian rupiah dan apabila telah terkumpul min berapa dan maksimum berapa dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu yang telah disediakan.  Hal ini akan mendorong customer anda giat melakukannya.

5.    Tawarkan keanggotaan atau VIP Cards bagi customer premium anda

Ini merupakan salah satu cara untuk mendorong customer tetap loyal terhadap bisnis anda. Kartu membership dan VIP card ini hanya berlaku secara exclusive bagi anggota saja.  Apabila anda dapat membuat penawaran yang lebih menarik, akan mempermudah customer untuk mendaftar menjadi anggota.

Membangun loyalitas tidaklah dapat dikerjakan dalam waktu semalam dan langsung memetik hasilnya.  Anda harus bekerja keras agar dapat menghasilkannya dan ketika anda telah memperolehnya, janganlah pernah biarkan itu lari dari anda.  Lakukanlah segala kemungkinan yang ada untuk membuat bisnis anda berhasil dan bertumbuh tanpa membuang banyak biaya.

Disadur dari berbagai nara sumber

 

 

(ST. Hwa/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x