Art Jakarta Garden 2024 – Kembali Bersemi!

(Business Lounge Journal – Event)

Art Jakarta Gardens kembali hadir menghiasi Hutan Kota by Plataran. Ajang gelar karya seni ini pun telah menjadi acara tahunan yang wajib dikunjungi oleh para pencinta seni. Hadir sebagai perayaan seni kontemporer yang unik, perhelatan ini akan berlangsung pada tanggal 23 – 28 April 2024 dengan menghadirkan 23 galeri selain 30 patung luar ruangan.

Digagas pada 2022 sebagai sebuah jawaban dalam tantangan pandemi, namun Art Jakarta Gardens dapat terus terselenggara karena antusiasme besar dari pihak-pihak yang berkaitan erat dengan seni rupa. Tidak dapat dipungkiri bahwa perhatian publik terhadap pendekatan Art Jakarta Gardens dalam menyajikan seni semakin meluas. Menampilkan program unggulan, Sculpture Garden, pekan seni ini memajang karya patung para seniman lintas generasi, dari maestro patung Indonesia G. Sidharta, Nyoman Nuarta, hingga seniman muda dengan eksperimen kreatif seperti Dian Hardiansyah.

Dalam pembukaannya, Enin Supriyanto selaku Artistic Director menyampaikan bahwa acara semi rupa yang memberikan perhatian khusus untuk karya-karya patung dan instalasi di luar ruang sudah sejak lama diinginkan. Lalu keinginan tersebut terus dipelihara hingga dapat terealisasi ketika pandemi merebak. Dukungan pun diperoleh dari Kelompok Usaha Plataran, khususnya Hutan Kota by Plataran. Acara ini pun mendapatkan sambutan yang meriah. Tidak hanya dari para seniman, galeri, dan para kolektor, tetapi juga masyarakat luas. “Kami tidak menyangka bahwa sambutan dari masyarakat, dari rekan-rekan pengelola galeri, dan bahkan seniman itu sangat baik terhadap acara ini. Sehingga acara ini kemudian menjadi salah satu pelantar atau acara tambahan dari acara tahunan Art Jakarta yang kali ini memasuki tahun ke-3,” demikian diucapkan Enin.

Beberapa kontributor yang Enin sebutkan diantaranya: Treasury yang menampilkan karya Naufal Abshar, Bibit dengan karya instalasi dari Erwin Windu Pranata, juga Roka dengan karya dari Sigit D. Pratama. Ada juga iForte bekerja sama dengan Tomy Herseta dan tidak lupa Xiaomi Indonesia yang bersedia berkolaborasi dengan fotografer ternama, David Linggar.

Dalam pembukaan, hadir juga Yozua Makes, founder dari Plataran. Dalam sambutannya Yozua menyampaikan bahwa bagaimana Art Jakarta Gardens telah menjadi bagian dari Plataran yang memiliki tiga hal yang menjadi DNA-nya, yaitu culture, community, dan people. Yozua menjelaskan bagaimana pelataran memiliki nature sebagai sifatnya. 

Hadir juga Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta Gardens yang memiliki harapan bagaimana Art Jakarta Gardens dapat berkontribusi pada peluang bagi anak muda untuk mengenal dan lebih mengapresiasi seni. Sebab di Art Jakarta Gardens, generasi muda bisa mengenal seni di lingkungan yang tidak terlalu formal, bahkan mulai belajar mengoleksi.

Hari pertama Art Jakarta Gardens telah dibuka untuk pengunjung VIP. Sedangkan masyarakat umum dapat mengunjungi mulai Rabu, 24 April 2024 hingga 28 April 2024.