How to Improve Employee Relations In The Workplace

(Business Lounge – HR) Sebuah perusahaan yang ingin maju dan berkembang pesat diantara perusahaan-perusahaan lain maka bukan saja karena memiliki kualitas sumber daya manusia yang mahir,  trampil dan yang memiliki inovasi serta kreatifitas yang tinggi.

Hal tersebut memang sangat diperlukan namun yang paling utama adalah bagaimana caranya supaya setiap karyawan yang sudah memiliki potensi tersebut dapat memiliki hubungan kerja yang baik dengan karyawan yang lain di tempat kerja sehingga dengan meningkatnya hubungan kerja yang baik akan membawa dampak dan pengaruh yang positif di perusahaan karena hal ini akan membawa kemajuan dalam perusahaan tersebut.

Caranya adalah perusahaan tersebut harus mampu :

1.Membina karyawan agar saling menghargai dan menciptakan hubungan yang harmonis dengan karyawan lainnya, bisa di dalam hal pekerjaan dimana satu departemen pasti akan saling terkait dan berhubungan kerja dengan departemen lainnya. Banyak yang sering terjadi di satu departemen contohnya departemen finance pastilah akan berhubungan dengan banyak departemen dikarenakan semua pembayaran akan dilakukan oleh finance dan tanpa bagian finance maka setiap departemen tidak dapat bekerja sendiri atau melakukan pembayaran sendiri. Hal ini sering terjadi perdebatan karena hal-hal yang kecil yang sehingga menyebabkan karyawan yang satu merasa tidak dihargai pendapat dan pekerjaannya dan akibatnya diasumsikan pekerjaan yang dilakukan itu salah sehingga menyebabkan bagian finance tidak dapat melakukan pembayaran. Dampak seperti ini sangatlah tidak baik karena kurang memiliki komunikasi yang harmonis sesama karyawan namun kalau dilatih untuk menghargai dengan mendengarkan penjelasan dengan baik maka suasana yang harmonis akan meningkatkan hubungan antar karyawan.

2. Melatih karyawan sehingga mereka dapat berkomunikasi lebih baik dengan karyawan, dan dapat menciptakan keterlibatan pribadi yang lebih positif dengan karyawan.

3. Membawa disiplin ke tempat kerja yaitu perusahaan harus mendorong karyawan untuk selalu menerapkan kedisiplinan diri ditempat kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Disiplin tersebut bukan hanya dari masalah kehadiran setiap hari, waktu istirahat dan waktu pulang namun disiplin dari banyak hal seperti cara bersikap, bertingkah laku serta cara berbicara dengan atasan, bawahan ataupun sesama karyawan.

Oleh sebab itu seorang pemimpin perusahaan harus berusaha sungguh-sungguh untuk membuat tempat kerja sebagai tempat dimana karyawan dapat mengejar tujuan hidup. Tempat kerja, adalah sejauhmana perusahaan menciptakan suasana dimana karyawan akan merasa bahwa lingkungan kerja menjadi tempat yang nyaman dan kondusif yang akan mendorong produktifitas dan kreatifitas karyawan, serta karyawan merasa memiliki komitmen kepada perusahaan. Dengan demikian perlu juga diadakan sharing session ataupun gathering untuk menciptakan kondisi kedekatan diantara satu karyawan dengan karyawan lainnya dengan tidak memandang antara atasan ataupun bawahan.

(rc/ic/bl)

Foto : interneturok.ru

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x