Rear view of colleagues discussing image on laptop together while working with vlm model

8 Jenis Iklan yang Berbeda : Digital dan Tradisional (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Berikut lanjutan beberapa jenis iklan digital yang umum:

Iklan pencarian berbayar

Iklan pencarian berbayar, atau iklan bayar per klik (PPC), adalah metode periklanan yang relatif baru. Untuk menerapkan strategi ini, Anda dapat menawar untuk kata kunci. Ketika seseorang mencari istilah yang terkait dengan kata kunci ini, mesin pencari menampilkan halaman web ini di bagian atas halaman hasil. Jika seseorang mengklik tautan ini, perusahaan tempat Anda bekerja akan membayar jumlah yang Anda tawar untuk klik tersebut.

Misalnya, jika perusahaan tempat Anda bekerja berspesialisasi dalam ‘suku cadang rem di Bolton’, Anda dapat menawar untuk istilah pencarian ini. Kemudian, jika pengguna mencari istilah ini, situs web perusahaan akan muncul di bagian atas layar, artinya situs tersebut merupakan hasil pertama yang dilihat calon pelanggan. Jika mereka mengklik tautan ini, perusahaan akan membayar biaya. Iklan PPC adalah salah satu cara beriklan yang paling efektif. Hal ini karena hemat biaya, mudah diterapkan, dan memungkinkan Anda menargetkan audiens tertentu.

Iklan media sosial

Iklan media sosial telah meningkat popularitasnya secara drastis. Sebagai seorang profesional pemasaran, Anda dapat menggunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Iklan media sosial sangat fleksibel. Anda dapat menargetkan lokasi, jenis kelamin, atau kelompok usia tertentu dan dapat memilih untuk membayar iklan atau beriklan dengan cara yang lebih organik.

Misalnya, Anda dapat memilih untuk membayar media sosial untuk mengiklankan suatu perusahaan. Anda dapat membuat iklan dan memilih siapa yang akan melihatnya. Iklan tersebut kemudian akan muncul saat pengguna menggulir umpan mereka. Jenis iklan ini dapat menghasilkan laba atas investasi yang besar. Strategi pemasaran yang efektif juga memanfaatkan metode periklanan gratis yang ditawarkan oleh platform media sosial. Secara efektif, akun perusahaan di media sosial adalah bentuk iklan dan Anda dapat menggunakan layanan gratis ini untuk mempromosikan perusahaan tempat Anda bekerja dengan cara yang lebih organik.

Iklan Native

Iklan native disebut demikian karena metode ini berfokus pada kamuflase. Jenis iklan ini terlihat serupa dengan konten halaman lainnya. Oleh karena itu, iklan ini biasanya muncul sebagai artikel atau video di situs yang sudah menghosting jenis konten ini. Agar iklan native berhasil, sangat penting untuk memberikan informasi yang relevan kepada pelanggan. Iklan menjadi hal sekunder setelah pesan artikel atau video saat menggunakan metode ini. Bentuk iklan ini dapat bermanfaat karena tidak mengganggu pengalaman pengguna.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)