Panduan Penetapan Harga Produk yang Efektif dengan Tips (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Menemukan harga yang tepat untuk suatu produk merupakan bagian penting dari keberhasilan penjualan barang untuk keperluan bisnis.  Berikut ini langkah selanjutnya  untuk menemukan harga produk yang paling menguntungkan bisnis Anda:

4. Tetapkan harga dan lacak penjualan

Setelah Anda menyelesaikan riset pasar, tetapkan harga untuk produk Anda sebelum menawarkannya kepada publik. Melacak penjualan produk dapat membantu Anda menentukan bagaimana pelanggan merespons harga tersebut. Jika hasilnya tidak menguntungkan seperti yang diharapkan, Anda dapat menyesuaikan harga. Jadi, jika Anda mengetahui bahwa produk Anda terjual dengan harga yang lebih tinggi daripada yang dapat difasilitasi oleh produksi, maka Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menaikkan harga guna memaksimalkan keuntungan dan mengurangi beban produksi. Sebaliknya, jika penjualan rendah, mungkin ada baiknya menyesuaikan harga agar lebih rendah untuk mendorong lebih banyak penjualan.

Mengapa penetapan harga produk penting?

Penetapan harga produk yang tepat sangatlah penting agar kinerjanya baik di pasar.

Ada banyak manfaat yang terkait dengan penetapan harga produk yang tepat dari perspektif bisnis, seperti:

Menarik pelanggan: Harga suatu produk merupakan pertimbangan utama bagi pelanggan, sehingga bisnis yang menetapkan harga produknya dengan tepat memiliki peluang lebih besar untuk menarik pelanggan. Ini bisa berarti menetapkan harga rendah untuk membantu mengembangkan basis pelanggan atau menetapkan harga yang lebih tinggi untuk memposisikan produk sebagai barang mewah dan bernilai tinggi.

Memaksimalkan keuntungan: Perusahaan biasanya menetapkan harga yang memaksimalkan keuntungannya, yang bisa berarti mempertahankan harga rendah untuk meningkatkan penjualan. Sebagai alternatif, perusahaan dapat menaikkan harga untuk meningkatkan keuntungan per penjualan.

Memperkuat merek: Harga suatu produk dapat memengaruhi otoritas dan integritas merek. Misalnya, jika suatu bisnis ingin merek mereka mencerminkan nilai terbaik untuk uang, maka harga yang lebih rendah merupakan fitur penting dari merek mereka.

Jenis-jenis penetapan harga produk

Ada beberapa pendekatan berbeda yang dapat diambil bisnis saat menetapkan harga produk. Mempelajari jenis-jenis penetapan harga produk ini dapat membantu bisnis menemukan pendekatan yang tepat untuk tujuan mereka. Berikut adalah rincian berbagai jenis penetapan harga produk:

Penetapan harga biaya plus

Penetapan harga biaya plus adalah metode umum untuk menentukan harga suatu produk. Untuk melakukan penetapan harga biaya plus, perusahaan menentukan biaya produksi satu unit produk. Dengan mempertimbangkan angka ini, perusahaan dapat menambahkan margin keuntungan yang diinginkan untuk menciptakan harga produk yang sesuai. Penetapan harga biaya plus membutuhkan pemahaman yang baik tentang berbagai biaya tetap dan variabel yang terkait dengan produksi produk. Seringkali, model penetapan harga biaya plus menggunakan estimasi penjualan untuk memprediksi hal-hal seperti biaya proyek guna menciptakan margin keuntungan terbaik.

Penetapan harga pasar

Penetapan harga pasar mengharuskan perusahaan untuk melakukan riset pasar yang cermat sebelum menetapkan harga suatu produk. Penting bagi perusahaan untuk memeriksa pasar dan mengamati pesaing untuk menemukan harga rata-rata untuk produk terkait di pasar. Berikut adalah empat cara untuk menetapkan harga produk Anda:

Menetapkan harga di bawah harga pasar: Ini melemahkan persaingan dengan menawarkan produk serupa dengan harga lebih rendah daripada produk lain di pasar. Ini menawarkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, yang meningkatkan upaya penjualan dan branding. Mencocokkan harga pasar: Pendekatan ini mencocokkan harga produk serupa di pasar dan dapat membantu menghindari riset pasar. Perusahaan yang menggunakan metode ini pada dasarnya mencerminkan harga pesaing.

Menetapkan harga di atas harga pasar: Ini mengharuskan penetapan harga produk yang lebih tinggi daripada pesaing. Ini adalah pendekatan yang baik jika bisnis Anda ingin menciptakan merek berkualitas tinggi atau mewah, karena harga yang lebih tinggi dapat mengimbangi jumlah penjualan yang lebih rendah.

Penetapan harga dinamis: Pendekatan ini lebih rumit daripada yang lain, tetapi menawarkan potensi bagi bisnis untuk mencapai margin keuntungan yang lebih tinggi. Harga produk berubah berdasarkan beberapa faktor ketika menggunakan penetapan harga dinamis, seperti permintaan produk atau peningkatan biaya produksi.