(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Manfaat Pemasaran Referensi
Berikut adalah kelanjutan manfaat utama pemasaran referensi bagi bisnis:
Mendapatkan Umpan Balik yang Bermanfaat
Bisnis dapat menggunakan strategi pemasaran referensi mereka untuk mengukur pengalaman pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap upaya mereka. Jika sebuah bisnis memiliki program rujukan yang telah sukses dalam jangka panjang, kemungkinan besar bisnis tersebut memiliki kampanye yang kuat dan sesuai dengan target pasarnya. Sebaliknya, jika mereka tidak menerima banyak rujukan, kemungkinan ada masalah yang kemudian dapat mereka kumpulkan umpan baliknya untuk meningkatkan kinerja kampanye. Data ini penting untuk membantu bisnis membangun kembali kampanye yang bermasalah dan memperluas cakupan elemen-elemen kampanye yang berhasil.
Meningkatkan Keterlibatan dan Konversi Pelanggan
Pelanggan yang memercayai suatu bisnis cenderung lebih tertarik dengan produk atau layanannya. Oleh karena itu, jika mereka menawarkan layanan yang relevan dan telah menciptakan kampanye rujukan yang efektif, bisnis tersebut memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan keterlibatan. Seiring pelanggan terus berinteraksi dengan bisnis, pemasar mungkin mendapati bahwa loyalitas merek bisnis meningkat, yang mengarah pada peningkatan peluang pemasaran referensi dan penjualan dari mulut ke mulut. Ini merupakan bagian penting dalam membangun basis pelanggan yang lebih luas dan memastikan bahwa bisnis menghasilkan pendapatan dari pelanggan tersebut.
Menciptakan Segmen Audiens Yang Tepat
Segmentasi adalah konsep pemasaran yang relatif canggih yang memungkinkan bisnis untuk menyampaikan kampanye pemasaran yang lebih tertarget kepada orang-orang yang lebih mungkin berkonversi. Tantangan awal dalam melakukan segmentasi audiens adalah menentukan elemen demografi mana yang sesuai dengan kategori tertentu, yang merupakan proses yang membutuhkan data untuk mencapai keputusan yang tepat.
Pemasaran referensi adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan dan menerapkan data ini, yang dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran di masa mendatang. Dengan data ini, pemasar juga dapat mengembangkan insentif yang lebih spesifik untuk setiap segmen, yang dapat menghasilkan peningkatan pendapatan dan referensi.
Membangun Advokasi Merek dan Retensi Pelanggan
Ketika sebuah bisnis membangun kampanye pemasaran referensi yang sukses, mereka juga membangun advokasi merek dan retensi pelanggan. Alasannya adalah karena referensi merupakan cara yang ampuh untuk menunjukkan kepercayaan pada suatu merek, yang juga mendorong pelanggan untuk merasakan hal yang sama.
Referensi bergantung pada pengalaman seseorang dengan suatu merek, jadi jika pengalamannya positif, mereka dapat menjadi pendukung merek tersebut. Hal ini mengarah pada peningkatan retensi pelanggan dan pendapatan, yang membantu bisnis mencapai tujuan strategisnya. Pendukung merek sangat berguna dalam kampanye pemasaran referensi karena mereka merupakan fondasi untuk upaya pemasaran selanjutnya melalui promosi dari mulut ke mulut.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)