(Businesslounge Journal-Finance & Tax) Perencana keuangan dan akuntan sering membuat laporan varians atau Varians Report (VR) untuk membandingkan hasil keuangan aktual dengan hasil keuangan yang direncanakan. VR membantu organisasi untuk lebih memahami perbedaan antara tujuan dan kinerja aktual mereka. Para eksekutif menggunakan hasil VR untuk membuat keputusan tentang penganggaran, manajemen, strategi bisnis, dan risiko. Dalam artikel ini, kami membahas apa itu laporan varians dan kapan menggunakannya, cara kerja VR, dan mempertimbangkan manfaat membuat VR untuk menilai keuangan organisasi Anda dan meningkatkan kinerja bisnis Anda.
Apa itu laporan varians?
Laporan varians (VR) adalah dokumen yang digunakan bisnis untuk membandingkan hasil keuangan aktual dengan hasil keuangan yang direncanakan. Perbedaan antara kedua nilai ini adalah varians dan banyak profesional menggunakan VR untuk memahami kinerja bisnis mereka dibandingkan dengan proyeksi. Hasil VR bersifat positif atau negatif dan bisnis dapat menyajikannya dalam persentase atau sebagai angka dalam pound tergantung pada apakah mereka ingin melihat varians secara absolut atau dalam kaitannya dengan total. Akuntan dan profesional keuangan menggunakan VR untuk mengomunikasikan perbedaan antara hasil aktual dan hasil yang direncanakan. Laporan ini umum di semua industri, tetapi paling umum di departemen penjualan, keuangan, dan pemasaran. Laporan ini membantu analisis anggaran, analisis target penjualan, laporan tren, dan analisis pengeluaran. VR juga berguna dalam rapat pemangku kepentingan saat mencoba menunjukkan bagaimana kinerja keuangan perusahaan dibandingkan dengan proyeksi. VR yang positif dapat memberi kesan positif kepada pemangku kepentingan dan membantu bisnis untuk mendapatkan pendanaan dan investasi.
Bagaimana cara kerja VR?
Untuk membuat VR, para profesional mengumpulkan dan mengatur data yang ingin mereka analisis sebelum menghitung varians. Mereka kemudian menganalisis hasil perhitungan varians untuk memahami kinerja perusahaan mereka dan perubahan apa yang dapat meningkatkan kinerja. Memahami cara membuat dan membaca VR memerlukan pemahaman tentang cara menghitung varians dan cara menginterpretasikan hasil Anda:
Rumus varians
Ada berbagai cara untuk menghitung varians, tetapi cara yang paling sederhana adalah dengan mengurangi jumlah aktual yang dibelanjakan dari jumlah yang dianggarkan untuk setiap item atau total. Rumus varians dapat digunakan untuk menghitung varians pada item individual, seluruh kategori, atau keseluruhan proyek. Misalnya, jika Anda menganggarkan £100 untuk dekorasi acara tetapi hanya menghabiskan £67, variansnya adalah £33. Jika Anda menganggarkan £1200 untuk staf acara tetapi menghabiskan £1395, variansnya adalah -£195. Total varians untuk dekorasi dan staf adalah -£162.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)