Memahami Strategi Dan Penetapan Harga Lini Produk (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Penetapan harga produk dan layanan dapat menjadi hal yang krusial bagi keberhasilan bisnis. Bisnis di berbagai industri menerapkan strategi yang memungkinkan mereka memanfaatkan penetapan harga lini produk untuk keuntungan mereka. Memahami strategi penetapan harga lini produk dapat membantu para profesional bisnis dan ritel untuk membuat keputusan yang lebih menguntungkan saat menetapkan harga produk dan layanan mereka. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari apa itu lini produk dan manfaatnya, melihat tiga strategi penetapan harga, dan melihat bagaimana Anda dapat menggunakannya dengan berbagai produk.

Memahami penetapan harga lini produk
Dengan memahami penetapan harga lini produk dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi perilaku konsumen, bisnis dapat membuat keputusan yang tepat saat menetapkan harga untuk produk dan layanan mereka. Penetapan harga lini produk adalah proses penetapan harga untuk setiap produk dalam lini produk. Lini produk adalah kelompok produk atau layanan terkait yang sering kali memiliki fungsi yang serupa. Misalnya, lini laptop yang Anda bedakan berdasarkan ukuran layar, jenis prosesor, dan fitur lainnya.

Umumnya, harga produk atau layanan meningkat sesuai dengan kualitas, fitur, dan permintaan pasar. Hal ini dapat membantu meningkatkan laba bisnis dan bersaing di pasar produk. Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat menentukan harga produk dalam lini produk:
• kategori produk atau layanan
• biaya produksi
• nilai yang dirasakan dari setiap produk
• segmen pasar sasaran produk
• fitur unik dari setiap produk
• harga pesaing
• biaya pengiriman dan penanganan
• pajak yang berlaku

Manfaat memiliki lini produk
Memiliki lini produk dengan titik harga yang berbeda dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, membantu mereka menjangkau bagian pasar yang lebih besar. Beberapa manfaatnya meliputi:
-Meningkatkan daya tarik produk bagi berbagai konsumen: Perusahaan yang menawarkan lini produk dan layanan dengan titik harga yang berbeda dapat memenuhi berbagai tingkat anggaran.
-Meningkatkan target pasar atau jenis pembeli tertentu: Bisnis dapat membuat titik harga yang menargetkan segmen pasar tertentu dengan menerapkan lini produk.
-Memasuki pasar baru: Bisnis dapat menargetkan kelompok konsumen baru dengan menawarkan berbagai produk pada titik harga yang berbeda.
-Memberikan keunggulan kompetitif: Penetapan harga lini produk dapat membantu bisnis bersaing dengan berbagai macam produk dan layanan.
-Meningkatkan pangsa pasar: Bisnis dapat meningkatkan pangsa pasar mereka dengan melayani berbagai konsumen.
-Meningkatkan laba: Bisnis dapat meningkatkan laba mereka saat menawarkan produk dan layanan pada titik harga yang berbeda dengan menghasilkan pendapatan dari lebih banyak penjualan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)