Panduan untuk Menjadi Lebih Percaya Diri dalam Promosi Diri (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Cara menjadi lebih baik dalam mempromosikan diri
Ada berbagai cara untuk mempromosikan diri. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan cara mempromosikan diri saat berbicara dengan calon pemberi kerja dibandingkan dengan mitra bisnis atau pelanggan. Cobalah untuk mengintegrasikan teknik-teknik berikut:

1. Bicarakan tentang pencapaian dan hasil Anda
Banyak orang merasa sulit untuk mempromosikan kekuatan mereka. Sebagian dari ini berasal dari ketakutan untuk terkesan membanggakan diri. Anda dapat menghindarinya dengan memiliki hasil obyektif dan data faktual di tangan Anda. Jika Anda menghemat 15% biaya perusahaan melalui audit aset, meningkatkan konversi daring sebesar 10% dengan pendekatan baru pada iklan daring, atau menarik klien yang menguntungkan untuk bisnis, pastikan untuk menyorot hal ini. Pencapaian ini merupakan keuntungan signifikan bagi perusahaan.

Jika Anda merasa sulit untuk membicarakan pencapaian seperti ini secara luas, cobalah membagikannya kepada orang-orang yang dapat mempromosikan Anda secara internal dan dalam jaringan yang relevan untuk peluang berikutnya. Ini bisa berupa manajer, mentor, atau perekrut, misalnya. Kembangkan hubungan ini agar mereka mengingat Anda dan dapat merekomendasikan Anda untuk peran dan peluang menarik.

2. Promosikan diri Anda secara internal
Sebagian besar perusahaan memiliki buletin internal, rapat tim, pengarahan, atau pertemuan umum. Jika Anda berkontribusi pada sesuatu yang layak diberitakan, memimpin proyek yang sukses, atau membuat perubahan positif, pertimbangkan untuk mencalonkannya agar disebutkan. Anda juga dapat mencalonkan tim, rekan kerja, atau pemangku kepentingan Anda yang telah mencapai hasil positif. Ini membantu membangun reputasi Anda dalam mempromosikan dan mendukung orang lain. Sebagai gantinya, mereka mungkin ingin membalas budi di masa depan dan menarik perhatian pada kontribusi Anda.

3. Capai Status Sebagai Ahli di Industri
Seorang ahli di industri memiliki nilai mutlak dan obyektif di pasar kerja, dan mencapai tingkat pengetahuan ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan nilai Anda kepada pemberi kerja. Mulailah dengan menjadi terlihat di luar tempat kerja Anda dengan membangun kehadiran positif berbasis kerja di media sosial yang relevan, menghadiri acara jaringan industri, dan berkontribusi pada publikasi industri, forum, diskusi, serta proyek komunitas.

Carilah situs web industri yang membutuhkan kontribusi, hubungi pemimpin konferensi, dan tawarkan diri untuk memberikan presentasi atau berkontribusi dalam diskusi panel. Setiap langkah ini membantu membangun visibilitas dan kredibilitas Anda di bidang Anda serta memungkinkan Anda membangun kepercayaan diri saat mencoba hal-hal baru.

4. Bangun Jaringan Anda
Mungkin sudah ada jaringan karier yang jelas dan tersedia untuk Anda ikuti, seperti grup yang terafiliasi dengan organisasi profesional, atau Anda mungkin memutuskan untuk membangun grup Anda sendiri yang terdiri dari individu-individu sejalan yang siap dan mampu saling membantu untuk berkembang secara profesional.
Internet adalah titik awal yang bagus, tetapi memiliki waktu tatap muka dengan kontak baru Anda juga dapat sangat berharga. Ini membantu Anda untuk mengenal setiap orang dan menjadi terlibat dalam saling mempromosikan satu sama lain.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)