Periklanan vs. Penjualan: Apa Perbedaannya? (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing and Service) Periklanan dan penjualan adalah dua industri yang dapat bekerja sama untuk memasarkan produk dan layanan kepada konsumen. Memahami persamaan dan perbedaan antara periklanan dan penjualan dapat membantu menentukan jalur karir Anda. Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan periklanan dan penjualan, menguraikan perbedaan antara kedua industri, menjelaskan persamaan mereka, serta menunjukkan bagaimana pemasaran berhubungan dengan periklanan dan penjualan.

Perbedaan Antara Pemasaran dan Hubungan Masyarakat

Apa Itu Periklanan?
Periklanan adalah industri yang menyampaikan manfaat produk dan layanan kepada konsumen dan bisnis melalui iklan dalam berbagai media, seperti cetak, televisi, dan billboard. Tujuan periklanan adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap suatu merek dan produknya. Periklanan yang efektif dapat mengarah pada peningkatan volume penjualan.

Berikut adalah beberapa peran dalam periklanan:
– *Penulis naskah*: Penulis naskah membuat naskah iklan cetak dengan berbagai teknik persuasif untuk membantu produk mendapatkan citra positif. Mereka juga dapat menulis iklan dan slogan untuk merek.
– *Eksekutif akun*: Eksekutif akun berkomunikasi dengan klien untuk memahami kebutuhan mereka dan menyampaikan kebutuhan tersebut kepada tim kreatif yang mengembangkan iklan.
– *Pembeli iklan*: Profesional ini membantu dalam fungsi pemasaran perusahaan periklanan dengan membeli ruang iklan di media cetak, digital, televisi, dan radio.
– *Perencana akun*: Perencana akun membantu menetapkan strategi komunikasi untuk kampanye iklan guna memastikan efektivitas kampanye di kalangan konsumen.

Apa Itu Penjualan?
Penjualan adalah industri yang bertujuan menjual produk dan layanan kepada bisnis dan konsumen. Penjualan dapat memanfaatkan periklanan untuk membantu berkomunikasi dengan konsumen tentang produk yang tersedia. Penjualan lebih langsung terkait dengan menghasilkan pendapatan dibandingkan dengan periklanan, meskipun periklanan dapat membantu meningkatkan penjualan suatu bisnis.

Berikut adalah beberapa jabatan dalam penjualan beserta tugasnya:
– *Manajer penjualan*: Manajer penjualan mengawasi tim penjualan dan memantau indikator kinerja utama untuk memastikan tim penjualan mencapai targetnya.
– *Perwakilan penjualan*: Perwakilan penjualan menjual produk dan layanan kepada bisnis dan konsumen melalui presentasi penjualan.
– *Perwakilan pengembangan penjualan*: Profesional ini membantu menghasilkan dan menyaring prospek bagi operasi penjualan.
– *Perwakilan layanan pelanggan*: Profesional penjualan ini membantu mencari solusi atas masalah pelanggan dan menjawab pertanyaan tentang produk.

Periklanan vs. Penjualan: Perbedaan Utama
Jika Anda sedang mempertimbangkan karir di bidang periklanan atau penjualan, mengetahui perbedaan fungsinya bisa membantu. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara periklanan dan penjualan:

1. **Jangkauan**
Periklanan adalah strategi untuk mempromosikan produk atau layanan karena ditujukan untuk menjangkau berbagai konsumen. Tidak seperti kebanyakan penjualan, sebuah iklan dapat berkomunikasi dengan lebih dari satu orang. Penjualan biasanya adalah interaksi satu-satu antara perwakilan dan klien, yang menjadikan penjualan pengalaman lebih personal bagi konsumen.

2. **Tujuan**
Meskipun perwakilan penjualan dapat membandingkan produk untuk klien saat presentasi penjualan seperti halnya yang dilakukan pengiklan dalam iklan, tujuan kedua fungsi ini berbeda. Tujuan penjualan adalah meningkatkan keuntungan, volume penjualan, dan jumlah pelanggan. Tujuan periklanan adalah menarik perhatian konsumen dan menyampaikan keunggulan produk. Periklanan juga dapat mempromosikan citra perusahaan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)