Krispy Kreme Akan Menjual Donatnya di McDonald’s

(Business Lounge Journal – Global News)

Saham Krispy Kreme melonjak setelah perusahaan tersebut mengatakan telah mencapai kesepakatan untuk menjual donatnya di restoran McDonald’s di seluruh AS. Saham pembuat donat itu naik 39% menjadi $17,35 pada hari Selasa (26/3). Sahamnya turun 21% dari tahun sebelumnya.

McDonald’s mengatakan akan mulai meluncurkan donat tersebut pada paruh kedua tahun ini dan akan tersedia di seluruh negeri pada akhir tahun 2026. McDonald’s telah mulai menguji donat Krispy Kreme di beberapa lokasi pada awal tahun 2022.

Kesepakatan ini merupakan keuntungan bagi Krispy Kreme, yang telah berupaya memperluas distribusinya tanpa menaikkan biaya rantai pasokan. Kepala Eksekutif Krispy Kreme Josh Charlesworth mengatakan kemitraan ini akan menggandakan distribusi perusahaan, yang saat ini memiliki lebih dari 14,000 titik akses, pada akhir tahun 2026.

Ketentuan finansial dari kesepakatan itu tidak diungkapkan. Saham jaringan donat yang berbasis di Charlotte, N.C. telah mengalami kesulitan sejak kembali ke pasar publik pada tahun 2021, dengan harga saham tersebut berada di bawah harga penawaran umum perdana. Analis di Truist mengatakan investor menghukum saham tersebut karena kekhawatiran permintaan terkait dengan obat penurun berat badan seperti Ozempic dan Mounjaro.

Analis Truist mengatakan kesepakatan rantai tersebut dengan McDonald’s akan meningkatkan ketersediaan dan frekuensi konsumen mencoba donat Krispy Kreme. Mereka menambahkan bahwa makanan manis bisa memiliki daya tarik lebih dari sekedar sarapan.

Krispy Kreme, pemilik jaringan Insomnia Cookies, telah mengasah fokusnya pada operasi inti donatnya. Krispy Kreme mengatakan tahun lalu bahwa mereka mempekerjakan penasihat untuk menjajaki opsi, termasuk potensi penjualan, untuk jaringan Insomnia Cookies.

Perusahaan telah berupaya mengendalikan biaya merek Krispy Kreme sambil memperluas distribusinya, termasuk ke luar negeri. Para eksekutif mengatakan mereka yakin ada ruang untuk meningkatkan distribusi di AS melalui restoran cepat saji seperti McDonald’s.

Charlesworth dari Krispy Kreme mengatakan kepada investor bulan lalu bahwa perusahaan telah mulai berinvestasi di situs pembuatan donat baru untuk mempersiapkan peluncuran yang lebih luas di distributor pihak ketiga. Situs pembuatan donat baru sangat penting untuk memperluas apa yang disebut Krispy Kreme sebagai jaringan harian yang segar.

McDonald’s dalam beberapa bulan terakhir telah merombak burgernya dan meluncurkan merek baru dengan langkah yang tidak pernah terlihat pada makanan cepat saji lainnya selama beberapa dekade. CosMc’s dipandang sebagai perusahaan yang berbasis di Chicago yang berupaya merebut pangsa pasar Starbucks, memusatkan menunya pada minuman es yang dapat disesuaikan dan makanan ringan. CosMc’s adalah restoran dengan format kecil dari McDonald’s yang menyajikan menu minuman menyegarkan dan camilan lezat.

Photo by No Revisions