(Business Lounge Journal – Marketing)
Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis. Salah satunya adalah strategi pemasaran yang efisien. Setiap perusahaan mencoba segala cara dengan semaksimal mungkin untuk menarik pelanggan baru sambil mempertahankan pelanggan yang lama. Untuk mencapai ini, sangat penting untuk memiliki strategi pemasaran yang baik.
Di bawah ini ada beberapa strategi pemasaran yang mapan sambil melihat beberapa ide inovatif yang muncul dalam beberapa tahun terakhir.
Strategi pemasaran yang efisien adalah salah satu syarat untuk tercapainya keberhasilan bisnis. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui strategi mana yang dapat menjamin kesuksesan. Namun faktanya dengan perubahan yang cepat dari pasar global, maka perusahaan harus melakukan inovasi terbaik mereka untuk menghasilkan strategi yang tepat untuk menarik target pelanggannya.
Ada banyak strategi marketing yang berhasil. Tapi keberhasilan untuk satu produk atau layanan belum tentu berhasil untuk yang lain. Ada dasar-dasar pemasaran tertentu yang telah terbukti bermanfaat dan efektif selama bertahun-tahun.
Strategi Pemasaran yang Efisien
Kenali Pelanggan Anda
Hal pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum mulai bertukar pikiran tentang strategi pemasaran Anda adalah mengidentifikasi segmen populasi mana yang akan dilayani oleh produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda adalah produsen perlengkapan olahraga, kemungkinan besar pelanggan Anda akan memiliki sebagian besar orang dalam rentang usia 16-35 tahun. Jika perusahaan Anda berspesialisasi dalam pembuatan komputer, banyak pelanggan Anda adalah remaja, dewasa yang masih produktif dan mungkin beberapa warga senior. Ketika Anda tahu siapa target market Anda, Anda kemudian memutuskan ke arah mana strategi pemasaran Anda harus diambil. Hal ini untuk mengetahui siapakah konsumen yang akan membeli produk Anda
Promosikan Produk Anda
Sebelum Anda merencanakan membuat mempromosikan produk Anda, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan tentang apa yang sedang dilakukan oleh kompetitor atau pesaing Anda. Jika Anda merasa tawaran yang Anda miliki unik dan menarik, maka Anda dapat melanjutkan rencana Anda. Salah satu manfaat signifikan menjalankan penawaran promosi adalah Anda mendapat banyak publisitas dari mulut ke mulut.
Sebagai contoh, saya pernah membeli beberapa minuman ringan dari sebuah toko. Beberapa hari lalu saya mendapat pesan promosi dari toko tersebut, dan segera saya membuka situs web mereka. Saya menemukan bahwa hadiah mug yang sama, ditawarkan kembali. Saya menyampaikan ini kepada teman-teman saya dan mereka juga membelinya dan memilikinya di rumah mereka. Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa bahkan merek yang sudah terkenalpun tidak segan-segan men-discount produk mereka dengan setengah harga. Hal ini dapat meningkatkan trafik Anda, membuat orang membicarakan Anda, dan yang paling penting mengubah pelanggan potensial menjadi pembeli yang dipuaskan/satisfaction customer.
Pilih Lokasi yang Strategis
Lokasi outlet Anda adalah satu faktor penting yang menentukan efektivitas strategi pemasaran Anda. Jika outlet Anda ditempatkan di area yang strategis, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa sebagian besar gerai McDonalds berada di beberapa tempat tersibuk di dunia. Lokasi memainkan peran yang sangat penting karena menciptakan peluang bagi Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan. Berapa kali Anda mungkin masuk ke toko hanya untuk melihat-lihat sepintas dan ada sesuatu yang sangat menarik bagi Anda sehingga Anda mau tidak mau membeli produk itu. Oleh karena itu, penting bahwa bisnis Anda terletak di tempat yang ramai dan strategis.
Gunakan pemasaran Web
Diperlukan suatu inovasi jika Anda ingin menjadi yang terdepan, mengalahkan persaing Anda. Jika Anda perhatikan, setiap situs web terkemuka menawarkan tautan ke pelanggan di mana mereka dapat membuka beranda perusahaan Anda untuk mengetahui tentang penawaran ataupun promosi-promosi yang Anda berikan. Menempatkan diri Anda di media sosial, situs jejaring sosial populer dapat membantu Anda mengetahui selera dan preferensi pelanggan. Faktanya, saat ini pemasaran melalui internet menjadi salah satu alat pemasaran yang dominan, terutama di masa pandemic yang lalu.
Membangun Hubungan yang Kuat dengan Karyawan
Karyawan Anda adalah salah satu bagian terpenting dari strategi pemasaran Anda. Jika karyawan Anda merasa senang dan merasa bangga bekerja dengan perusahaan, itu tercermin dalam perilaku mereka. Hal ini akan membantu menciptakan kesan positif pada pelanggan dan dalam lingkaran sosial mereka sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menanamkan perasaan baik pada karyawan Anda sehingga mereka memiliki hal-hal yang baik untuk dikatakan tentang perusahaan Anda. Ini akan membantu membangun citra yang bagus dari brand Anda.
Langkah-langkah di atas merupakan strategi marketing efektif yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar ternama di dunia. Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan untuk perusahaan Anda, jika Anda ingin meraih keberhasil di dalam penjualan Anda. Salam Sukses