12 Rahasia Menjaga Karyawan Tetap Bahagia Tanpa Kenaikan Gaji (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Memberikan kenaikan gaji tidak selalu memungkinkan, tetapi Anda tetap dapat meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan karyawan. Karyawan yang bahagia lebih kreatif dan produktif dan kecil kemungkinannya untuk berhenti.
Menjadi transparan dan jujur dengan karyawan Anda membantu mereka merasa dihargai dan dihormati.
Sebagai atasan, mengucapkan terima kasih adalah cara sederhana namun efektif untuk menunjukkan penghargaan.
Artikel ini untuk pemilik usaha kecil yang ingin mempelajari cara membuat karyawan bahagia tanpa kenaikan gaji.
Karyawan yang bahagia dan terlibat cenderung lebih produktif dan kreatif – dan kecil kemungkinannya untuk berhenti. Sementara bisnis harus selalu berusaha memberikan kompensasi yang adil dan kompetitif, kebahagiaan karyawan bukan hanya soal uang. Karyawan benar-benar menghargai kesempatan untuk membuat perbedaan dan diakui atas kontribusi mereka.

Pemilik bisnis dan manajer yang tertarik untuk mencapai tingkat retensi karyawan yang lebih baik dapat memberlakukan kebijakan, menawarkan tunjangan, dan menumbuhkan budaya perusahaan yang meningkatkan kesejahteraan karyawan dan meningkatkan produktivitas. Ketika karyawan dapat mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang positif dan mengejar jalur karir yang bermakna, semua orang menang.

Bagaimana Anda membuat karyawan bahagia tanpa kenaikan gaji?
Di luar kenaikan gaji, para ahli menyarankan 12 praktik berikut untuk membuat karyawan senang dan terlibat.

1. Mengutamakan work-life balance agar karyawan tetap bahagia.

Membantu karyawan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja mereka adalah kunci untuk memastikan kebahagiaan. “Untuk melibatkan tenaga kerja dan tetap kompetitif, tidak lagi cukup hanya berfokus pada keuntungan. Pengusaha top menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa terhubung dengan organisasi dan memiliki pengalaman kerja positif yang merupakan bagian dari kehidupan yang kaya dan memuaskan.” – David Ballard, penasihat ilmiah untuk Kesehatan Mental Tenaga Kerja

2. Jadikan karyawan sebagai bagian dari gambaran besar agar mereka tetap bahagia.
Karyawan ingin menjadi bagian dari sesuatu yang signifikan dan bermakna. “Manfaat terbaik yang dapat Anda berikan kepada karyawan Anda adalah kesempatan untuk membuat perbedaan melalui pekerjaan mereka dan membantu memandu arah perusahaan. Manfaat seperti komunikasi yang jelas dan sering tentang kejadian perusahaan, arahan individu dan departemen, dan arahan perusahaan gambaran besar membuat semua perbedaan dalam kebahagiaan karyawan.” – Anthony Smith, CEO dan pendiri Insightly

3. Bersikaplah transparan dan jujur untuk membuat karyawan senang.
Berkomunikasi dengan karyawan secara transparan dan jujur menunjukkan rasa hormat. “Umpan balik dan kemampuan untuk memahami kekhawatiran karyawan itu penting, tetapi apa yang Anda lakukan setelahnya sangat penting untuk retensi. Anda harus selalu transparan dengan membagikan apa yang telah Anda pelajari dan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Komunikasi yang transparan dan pengakuan sederhana yang kami dengar bisa sangat membantu.” – Laura Grieco, direktur sumber daya manusia di Steady

4. Tawarkan lebih banyak waktu liburan untuk membuat karyawan senang.

Waktu liburan tambahan atau kebijakan cuti berbayar (PTO) yang murah hati akan menarik bagi banyak karyawan. “Hadiahi pemain terbaik Anda dengan hari libur tambahan. Para karyawan ini adalah superstar Anda, jadi Anda dapat yakin bahwa mereka akan menyelesaikan pekerjaan mereka serta menikmati beberapa hari tambahan waktu istirahat yang layak bersama keluarga dan teman-teman.” – Stacia Pache, pendiri dan CEO ItBandz

5. Dorong komunikasi di area umum untuk meningkatkan kebahagiaan.
Istirahat karyawan dapat meningkatkan produktivitas, dan menciptakan ruang untuk komunikasi dan kolaborasi dapat mendorong kerja sama tim. “Bisnis harus mengambil langkah untuk menciptakan ruang di mana karyawan dapat dengan mudah berkomunikasi dan berbagi ide. Percakapan santai di ruang istirahat bisa menjadi percakapan kolaboratif. Jadikan menarik dan efektif, dengan perabot bagus, meja, serta makanan ringan dan minuman, jika memungkinkan.” – Tom Heisroth, konsultan

6. Buat jalur karir untuk membuat karyawan bahagia.
Mendorong pengembangan profesional dapat meyakinkan karyawan bahwa mereka memiliki jalan ke depan dengan organisasi Anda. “Sangat penting bagi bisnis untuk mengadakan diskusi perencanaan karir secara teratur dengan karyawan mereka. Sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan, pastikan karyawan mengetahui berbagai jenis jalur karier atau peluang kerja di seluruh perusahaan.” – Maria Kraimer, profesor sumber daya manusia di Rutgers University

Menyarankan karyawan untuk menetapkan dan mencapai tujuan karir, termasuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Membantu mereka juga akan memperkuat loyalitas mereka kepada perusahaan.

7. Mempromosikan lingkungan kerja yang positif untuk membuat karyawan senang.
Budaya perusahaan sangat penting untuk kebahagiaan karyawan. “Karyawan yang bahagia menghasilkan perusahaan yang bahagia. Di dalam kantor, kami akan mengakui pencapaian secara publik, menyediakan makan siang kelompok, memesan tempat parkir utama, atau mengubah judul. Kami juga akan membantu karyawan untuk tumbuh dan berkembang, baik dengan mengambil tanggung jawab atau tantangan baru yang diinginkan, mengambil kursus untuk mempelajari keterampilan baru, atau memajukan pengetahuan tentang perusahaan dengan melakukan perjalanan bisnis perusahaan.” – Jakki Liberman, presiden Bumkins

8. Membangun karyawan untuk meningkatkan kebahagiaan mereka.
Pemberdayaan karyawan yang berkelanjutan membantu membangun dan mempertahankan kebahagiaan. “Jika Anda ingin mempertahankan karyawan dengan memberi [mereka] kenaikan gaji, itu sudah terlambat. Temukan orang-orang yang berbagi nilai operasional organisasi Anda sejak awal, uji kecocokan lebih awal, dan izinkan peluang pertumbuhan untuk mengekspresikan nilai tersebut.” – Zachary Watson, rekanan di Greenberg Gross LLP

9. Berikan contoh untuk membuat karyawan senang.
Pemimpin yang baik memberi contoh dan mengatur nada untuk budaya kantor. “Orang tidak bisa meremehkan pentingnya berjalan ke kantor sebagai bos dengan senyuman di wajah saya dan memastikan saya memberikan perasaan penting yang sama kepada semua orang.” – Jon Sumroy, konsultan bisnis dan penasihat strategis di Poseidon Holdings Ltd.

10. Selalu ucapkan terima kasih untuk menjaga kebahagiaan karyawan.

Jangan meremehkan kekuatan pengakuan dan berterima kasih kepada karyawan atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik. “Menurut pengalaman saya, karyawan jarang menjadi tidak bahagia atau pergi hanya karena uang. Ketika mereka menjadi kecewa, biasanya karena mereka tidak menyukai bos mereka, tidak bertunangan, atau merasa berhenti belajar. Budaya dan lingkungan tempat kerja yang positif sangat membantu, karena mendorong kerja tim dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan peluang bagi rekan satu tim untuk belajar dari satu sama lain. Kami juga melakukan sapaan berkala kepada orang-orang di semua tingkatan organisasi untuk pekerjaan hebat atau upaya yang unggul. Pujian ini tidak memerlukan biaya apa pun selain memberikan pengakuan publik yang penting atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik, memberikan kompensasi yang efektif kepada orang-orang dalam bentuk mata uang sosial, yang sangat dihargai.” – Gary Beasley, salah satu pendiri dan CEO Roofstock

11. Kenali dan beri penghargaan kepada karyawan sesering mungkin untuk meningkatkan kebahagiaan.
Menunjukkan penghargaan untuk karyawan Anda melampaui uang. “Frekuensi hadiah lebih penting daripada ukuran. Umpan balik bisnis menunjukkan bahwa umpan balik dan hadiah positif yang lebih kecil dan sering akan membuat orang bahagia lebih lama daripada satu peristiwa bahagia yang jarang terjadi. Bahkan penghargaan atau kenaikan terbesar ‘habis’ dalam waktu kurang dari setahun, dengan sebagian besar karyawan merespons dengan lebih baik dosis kecil setiap beberapa hari. – Ron Friedman, penulis The Best Place to Work

Bersambung ke Artikel Bagian 2