(Business Lounge Journal – Marketing & Services)
Memahami nuansa antara periklanan, pemasaran, dan PR adalah kunci strategi pemasaran yang sukses. Pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat sering dianggap sebagai hal yang sama, tetapi ada perbedaan penting dalam suatu bisnis.
Usaha kecil dapat mengembangkan kampanye pemasaran dan periklanan yang bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran akan merek dan mempromosikan produk atau layanan.
Hubungan masyarakat dapat membantu usaha kecil membangun dan meningkatkan reputasinya di mata publik.
Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang ingin membangun strategi sukses melalui pemasaran, periklanan, dan PR.
Memahami apa yang membedakan pemasaran dari periklanan sangat penting untuk menetapkan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis dan audiens Anda.
Pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat serupa, tetapi masing-masing tetap merupakan disiplin ilmu yang berbeda untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mempromosikan produk kepada pelanggan. Setiap pendekatan menawarkan strategi dan taktik khusus pemilik bisnis untuk mengembangkan merek mereka.
Perbedaan antara pemasaran, periklanan dan PR
Pemasaran menggambarkan bagaimana perusahaan membuat audiensnya sadar akan merek dan produk atau layanannya. Ada banyak pendekatan berbeda untuk pemasaran, dan ini dapat dianggap sebagai istilah umum yang mencakup periklanan dan PR.
Periklanan menggambarkan praktik mempromosikan produk dan layanan. Kampanye iklan muncul di hampir setiap media, termasuk di televisi, media sosial, dan papan reklame. Periklanan bekerja sama dengan pemasaran, memanfaatkan platform berbayar untuk meningkatkan kesadaran akan merek. Agar berhasil mempromosikan produk dan membangun kesadaran merek, organisasi perlu memiliki strategi pemasaran yang kuat dengan iklan yang menarik.
PR menggambarkan praktik membina hubungan antara merek dan publik untuk secara organik mempromosikan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. PR bergantung pada liputan media yang diperoleh; bisnis tidak pernah membayar untuk liputan PR, seperti mereka akan memasang iklan. Ini juga melibatkan pengendalian narasi seputar berita atau mengelola krisis merek yang muncul.
Apa itu pemasaran?
Meskipun pemasaran mencakup berbagai praktik dan tujuan bisnis, satu definisi sederhana dari Merriam-Webster menggambarkan pemasaran sebagai “aktivitas yang terlibat dalam membuat orang sadar akan produk perusahaan, memastikan bahwa produk tersebut tersedia untuk dibeli, dll. ” Singkatnya, pemasaran mencakup serangkaian tindakan yang sangat meningkatkan peluang bisnis Anda mencapai target pasar dan audiensnya.
Jenis pemasaran
Jika definisi kamus “pemasaran” tampaknya terlalu luas, Anda mungkin lebih memahami apa yang terdiri dari pemasaran setelah membiasakan diri dengan jenis pemasaran umum ini:
– Pemasaran konten:
Pemasaran konten adalah “pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten.” Dengan kata lain, pendekatan pemasaran ini tidak berfokus pada produk dan layanan Anda, tetapi pada pengembangan dan distribusi materi online, seperti posting blog, yang mendidik target pasar Anda tentang perusahaan dan industri Anda.
– Pemasaran Inbound: Melalui pemasaran Inbound, perusahaan Anda menciptakan pengalaman yang disesuaikan dengan konsumen individu. Alat tersebut dapat mencakup kotak obrolan di situs web perusahaan Anda yang mengarahkan konsumen ke tim layanan pelanggan Anda. Strategi pemasaran Inbound menekankan menarik, menyenangkan dan menarik pelanggan.
– Pemasaran media sosial: Melalui pemasaran media sosial, perusahaan Anda menggunakan saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk menjangkau audiens target Anda. Iklan berbayar di saluran media sosial terdiri dari sebagian besar rencana pemasaran media sosial.
– Pemasaran digital: Kategori ini mencakup semua upaya pemasaran online. Ini mencakup pemasaran media sosial dan banyak strategi pemasaran inbound dan pemasaran konten, belum lagi semua kampanye pemasaran yang berfokus pada mesin pencari, email, dan situs web lainnya.
– Pemasaran tradisional: Pemasaran tradisional sangat kontras dengan pemasaran digital. Pemasaran tradisional menggambarkan kampanye pemasaran yang dilakukan melalui saluran selain internet: Cetak, siaran, telepon, surat pos, dan papan reklame adalah contoh jenis pemasaran tradisional.
– Komunikasi pemasaran: Komunikasi pemasaran terdiri dari banyak kegiatan yang termasuk dalam jenis pemasaran lainnya. Semua pesan dan media pemasaran yang digunakan perusahaan Anda, baik branding maupun iklan, termasuk dalam komunikasi pemasaran.
– Pemasaran visual: Gambar yang terkait dengan perusahaan Anda, mulai dari warna dan font hingga logo dan foto Anda, membentuk pencitraan merek visual Anda. Elemen visual ini adalah bagian penting dari setiap kampanye pemasaran. Komunikasi instan ini menjadikan pemasaran visual sebagai salah satu alat paling ampuh bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan.
– Pemasaran SMS: Bisnis menggunakan pemasaran pesan teks, atau pemasaran Layanan Pesan Singkat (SMS), untuk menyampaikan pesan promosi langsung ke ponsel pelanggan mereka. Pemasaran pesan teks sering digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan penjualan kembali, memberikan pembaruan berita, meningkatkan lalu lintas web, dan menjalankan promosi.
– Pemasaran email: Pemasaran email adalah cara hemat biaya untuk memasarkan produk atau layanan Anda dan menjangkau pelanggan Anda. Kampanye pemasaran email membantu bisnis membangun kepercayaan dengan pelanggan, meningkatkan kunjungan situs web, dan pada akhirnya menarik lebih banyak prospek dan penjualan.
Kampanye SMS dan email adalah bagian penting dari strategi pemasaran yang lengkap, tetapi banyak yang harus Anda tangani sendiri.
Apa itu periklanan?
Periklanan adalah subsektor pemasaran yang melibatkan bisnis Anda membayar ruang di papan reklame, situs web, majalah, atau di tempat lain untuk mempromosikan produk dan layanan Anda. Meskipun banyak perusahaan akan beralih ke biro iklan untuk mengawasi strategi periklanan mereka, Anda dapat berhasil mengiklankan bisnis Anda tanpa menyewa biro iklan selama Anda memahami jenis iklan dan memutuskan metode mana yang terbaik untuk perusahaan Anda.
Jenis iklan
Seperti yang akan Anda perhatikan, ada banyak jenis iklan setiap kali Anda online, berkendara di jalan raya, atau sekadar melangkah keluar.
– Iklan digital: Iklan digital termasuk membayar ruang iklan di media sosial, publikasi internet, aplikasi seluler, atau ruang online lainnya. Sebagian besar, jika tidak semua, iklan digital dibayar.
– Periklanan tradisional: Periklanan tradisional mencakup iklan yang dibeli perusahaan Anda dalam publikasi cetak, di papan reklame atau permukaan luar ruangan lainnya seperti halte bus, atau melalui siaran atau surat pos. Seperti iklan digital, sebagian besar iklan tradisional dibayar.
– Media ambien: Sementara iklan digital dan tradisional adalah dua bentuk periklanan yang dominan, media ambien telah memberikan alternatif yang menarik bagi banyak bisnis. Metode periklanan yang tidak lazim, terutama yang mendorong partisipasi atau interaksi konsumen, termasuk dalam kategori ini.
– Penempatan produk (product placement): Banyak merek membayar produk mereka untuk diutamakan dalam acara TV dan film. Jika Anda pernah menonton acara TV atau film dan melihat karakter menggunakan produk yang sangat bermerek, Anda telah mengalami penempatan produk.
Penempatan produk mungkin terdengar seperti bentuk iklan yang tinggi yang berada di luar jangkauan Anda, tetapi ada cara murah untuk membuat produk Anda terkenal. Jika Anda memainkannya dengan cerdas, Anda bahkan bisa membawa produk Anda ke tangan selebriti.
Jenis Struktur Organisasi Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Bisnis Anda