Kini Orang Tua pun Mulai Gemar Belanja Online

(Business Lounge Journal – News)

Meskipun belanja online masih didominasi oleh kalangan anak muda, akan tetapi minat orang tua untuk berbelanja online pun kini mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Kredivo dan Katadata, bahwa selama tahun 2021 transaksi belanja online untuk kelompok usia 46-55 tahun mengalami peningkatan sebesar 2 % dibandingkan dengan tahun sebelumnya (dari 3 % menjadi 5 %), sedangkan untuk usia 36-45 tahun juga mengalami kenaikan sebesar 4 % dari 19 % menjadi 23 %. Adapun belanja online terbesar masih di dominasi oleh usia muda 26-35 tahun yaitu sebesar 45%, disusul oleh kelompok usia 18-25 tahun sebesar 28%.

Meningkatnya transaksi online shopping di kalangan generasi tua merupakan tanda bahwa kini generasi tua sudah lebih percaya dan lebih terbiasa dengan metode belanja secara online ini. Tumbuhnya rasa percaya pada belanja online, membuat generasi tua mulai berani berbelanja online bahkan untuk produk yang lebih mahal. Memang orang tua biasanya lebih sulit beradaptasi dengan hal yang baru seperti platform digital. Apalagi dengan adanya berbagai metode pembayaran yang disediakan, seperti transfer bank, e-wallet, bahkan sampai paylater.

Akan tetapi adanya pandemi Covid 19 nampaknya memaksa semua orang – termasuk juga orang tua – untuk beradaptasi, juga dalam hal cara belanja. Adanya konsen untuk menghindari kerumunan orang banyak dalam rangka menghindari penularan Covid-19, membuat masyarakat lebih memilih berbelanja secara online daripada langsung offline ke tokonya. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada, demikian juga dengan para orang tua. Nah di masa pandemi, ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu kita di rumah dengan keluarga, disitu juga terjadi transfer pengetahuan dari generasi muda ke generasi tua. Hal-hal yang menjadi keraguan bagi generasi tua untuk melakukan transaksi online, seperti bagaimana dengan keamanan sistemnya, bagaimana metode pembayarannya, customer service, bahkan sampai masalah pengirimannya, bisa terjawab dengan baik, sehingga kepercayaan terhadap belanja online meningkat.

Terlebih lagi belanja online menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan, salah satunya adalah lebih hemat waktu dan tenaga. Karena hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kita sudah bisa melakukan transaksi online, kapan pun dan dimana pun, selama 24 jam dalam sehari. Terlebih lagi selama pandemi ini ada beragam promo yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahan e-commerce. Tentunya hal-hal ini semakin membuat belanja online diminati banyak orang, termasuk generasi tua.