(Business Lounge Journal – News)
Dubai Expo 2020, sebuah pameran perdagangan sedang berlangsung sejak 11 Maret 2022 yang lalu dan akan digelar hingga 17 Maret 2022. Pada Dubai Expo 2020, Bank Indonesia menyertakan 72 usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya, yang adalah anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA). Acara ini adalah perhelatan “Bank Indonesia Special Week”.
Dalam keterangan resminya, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menyampaikan bahwa ajang pameran ini adalah side event Presidensi G20 2022 yang berfokus pada peran UMKM sebagai bagian dari agenda Finance Track G20 dalam semangat Recover Together, Recovery Stronger. Kehadiran Paviliun Indonesia diminati banyak pengunjung dengan menjajakan berbagai jenis produk UMKM unggulan misalnya berbagai jenis produk pakaian, aksesoris, produk skin care, kuliner, dan aksesoris interior rumah tangga.
Sebenarnya upaya promosi produk UMKM pada Dubai Expo 2020 sudah dilakukan sejak November 2021 yang lalu dengan proses kurasi yang cukup selektif sebagai usaha mendapatkan UMKM dengan produk unggulan. Keberadaan UMKM di gerai Paviliun Indonesia ini sukses mendapatkan banyak sorotan para pengunjung, maka diharapkan bisa menimbulkan kesempatan terjadinya business matching dengan konsumen dan investor yang potensil dari mancanegara.
Bank Indonesia meyakini bahwa World Expo 2020 Dubai juga bisa menjadi wadah yang cocok sekali untuk ajang peragaan busana yang mengambil tema “Indonesia Modest Fashion Day” pada 13 Maret 2022 kemarin. Selain itu Bank Indonesia juga menggelar acara Forum Bisnis dari tanggal 14-17 Maret 2022 dengan berbagai macam topik hangat seperti potensi Indonesia dalam industri halal global, digitalisasi sistem pembayaran bagi ekonomi inklusif, dan penguatan UMKN dalam rantai pasok global. Selain itu, dalam rangka mempromosikan kopi asli Indonesia ke semua konsumen yang datang dari mancanegara, maka juga diadakan Coffee Cupping pada 17 Maret 2022 nanti.
Berliana Simanjuntak/VMN/BLJ

