Produsen mobil balap yang terkenal di dunia, Ferrari akan melahirkan miliarder baru, Piero Lardi Ferrari melalui Initial Public Offering (IPO). Perusahaan yang dibangun Sang Ayah, Enzo Ferrari, lebih dari 8 dekade lalu diharapkan memperoleh hasil besar melalui pelaksanaan IPO.
Piero Lardi Ferrari telah menjadi wakil ketua Ferrari sejak 1988, ketika ayahnya Enzo Ferrari meninggal, dan mempertahankan sekitar 10% saham dari perusahaan, sedangkan 90% saham lainnya dikuasai oleh Fiat Chrysler Group (FCA), yang akan berganti nama menjadi Ferrari dan diatur untuk memulai perdagangan pada 21 Oktober.
FCA akan menjual 17.175.000 saham (atau sekitar 9%), sedangkan underwriter (dipimpin oleh UBS dan Bank of America BAC + Merrill Lynch) memiliki pilihan untuk menjual tambahan 1.717.150 saham. Harga per saham akan berada pada kisaran $ 48 sampai $ 52 per saham, Ferrari bisa mengambil hampir satu miliar dolar karena kapitalisasi pasar diharapkan mencapai $ 9,1 miliar. Sebanyak 18.892.160 saham biasa Piero, atau sekitar 10%, akan bernilai setidaknya $ 906.800.000.
Piero memiliki beberapa aset lainnya untuk namanya. Dia dan dua anaknya memiliki HPE-coxa, yang menyediakan jasa rekayasa untuk mobil (termasuk Ferrari dan tim Formula 1 mereka), kedirgantaraan, dan produsen pertahanan. Perusahaan memiliki pendapatan $ 10,8 juta pada tahun 2014. Piero juga mempertahankan saham 1,95% di Piaggio Aero, salah satu perusahaan kedirgantaraan utama Italia dan perusahaan Eropa pertama untuk mengembangkan sebuah kendaraan udara tak berawak (Drone). Ferrari bekerja sama dengan Jose di Mase pada tahun 1998 untuk mengakuisisi aset kedirgantaraan dari Rinaldo Piaggio SpA (dikenal untuk skuter Vespa-nya), menjual saham 35% ke Abu Dhabi sovereign wealth fund Mubadala pada tahun 2006.
Enzo Ferrari tetap menjadi tokoh legendaris dalam dunia olahraga motor, tapi butuh bertahun-tahun untuk mendapatkan dukungan dari rekan-rekannya. Enzo mempersiapkan anaknya Alfredo untuk menggantikannya, namun Dino-nama panggilannya-meninggal pada usia 24 tahun karena distrofi otot. Sedangkan Piero dilarang oleh ayahnya menjadi sopir mobil balap, dan mendapat pekerjaan pertamanya di perusahaan pada tahun 1966, bekerja pada produksi Dino 206 Competizione. Dia bekerja di berbagai divisi olahraga motor sampai tahun 1988, ketika ayahnya meninggal pada usia 90 tahun.
Hari-hari ini, Piero Ferrari memainkan peran yang penting dari perusahaan yang saat ini dijalankan oleh Sergio Marchionne, ketua dan CEO FCA. Piero juga sangat bersemangat tentang bisnis kapal pesiar mewah, dan duduk di dewan Ferreti Group.
Pembuat mobil mewah Ferrari diharapkan dapat memberikan harga penawaran umum perdana Senin depan setelah pengaturan kisaran harga pada hari Jumat ini, dalam sebuah kesepakatan pertama kali diumumkan pada bulan Juli untuk daftar sekitar 10% sahamnya di Bursa Efek New York.
Kesepakatan itu merupakan bagian dari serangkaian transaksi yang dimaksudkan untuk sepenuhnya memisahkan Ferrari dari FCA, yang berencana untuk mentransfer 80% saham yang tersisa di perusahaan kepada para pemegang saham sendiri, menurut prospektus IPO.
Apa yang membuat Ferrari berani untuk melakukan IPO tahun ini? Tentu bukan tanpa pertimbangan, tetapi dengan menampilkan keunggulan dan prestasi Ferrari, tentu akan dapat menarik investor untuk membeli saham Ferrari.
Popularitas Ferrari sangat banyak disumbang oleh keberhasilan tim balap Formula 1. Tim, yang disebut Scuderia Ferrari, telah memenangkan 222 balapan Grand Prix merupakan yang paling sukses dalam sejarah Formula 1. Formula 1 menarik sekitar 425 juta pemirsa televisi di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu peristiwa olahraga yang paling banyak ditonton tahun ini. Penelitian dan pengembangan dalam merancang, merekayasa dan memproduksi mobil balap sirkuit memungkinkan Ferrari untuk menghasilkan dengan cepat semua desain mobil baru dan pengembangannya, termasuk seri khusus atau edisi terbatas, yang dapat dijual dengan harga tinggi.
Sebagian besar klien Ferrari tertarik untuk produk-produknya karena eksklusivitas mereka, perusahaan mempertahankan dengan membatasi jumlah mobil dan model yang dihasilkannya. Perusahaan sengaja memelihara daftar tunggu untuk mencari dan menggabungkan ide-ide untuk kemewahan.
Ya, Ferrari memiliki keunggulan popularitas, eksklusivitas, namun bagaimana dengan kinerja perusahaannya?
Perusahaan membukukan laba 265 juta euro pada 2014, dari pendapatan sebesar 2,76 miliar euro, dengan produksi 7.255 mobil di tahun itu. Bandingkan dengan 36.500 mobil yang terjual oleh rivalnya Maserati di seluruh dunia tahun lalu, atau 120.000 yang dijual Porsche antara Januari dan Agustus 2014.
Dalam tiga bulan pertama tahun 2015, pendapatan bersih yang meningkat 17,6% atau senilai € 109 juta, berasal dari sponsorship, komersial dan merek, yang meliputi pendapatan merchandising, lisensi dan royalti, menurut prospektus. Nilai tersebut juga naik 16,3% pada periode yang sama di 2014. Ferrari juga banyak melakukan kemitraan lisensi, termasuk kacamata Oakley, Puma, Lego dan Microsoft MSFT.
Sudah terlihat bagaimana popularitas, eksklusivitas dan kinerja Ferrari, tentu ini menjadi pertimbangan Ferrari untuk membuka diri lebih luas kepada dunia melalui IPO, dan hal ini akan dibuktikan sendiri oleh masyarakat dunia apakah hal-hal tersebut memang benar dan memberikan keuntungan juga bagi pelanggan nantinya. Kita tunggu dan lihat perkembangan selanjutnya dari IPO Ferrari ini.
Dodo/BLJ/VMN/Journalist
Editor : Ruth Berliana
Image : wikipedia