(Business Lounge – Global News) Istilah Corporate Social Responsibility (CSR) yang juga dikenal sebagai sustainable business practice, digunakan untuk menggambarkan bagaimana kinerja perusahaan memiliki dampak positif pada masyarakat, lingkungan atau ekonomi. Pada tahun 2011, Komisi Uni Eropa mendefinisikan CSR sebagai ‘tanggung jawab perusahaan untuk memberikan dampak terhadap masyarakat’. Beberapa contoh CSR, misalnya upaya untuk mengurangi emisi karbon dioksida, promosi peluang karir yang sama, dan keterlibatan dengan masyarakat lokal.
Perusahaan Swedia memiliki sejarah panjang atas kerja CSR nan aktif dan Swedia dipandang sebagai pelopor dalam hal ini. Pada tahun 2013, Swedia menduduki puncak RobecoSAM Country Sustainability Ranking, yang me-ranking 59 negara berdasarkan 17 indikator lingkungan, sosial, dan tata kelola. Ruang lingkup CSR telah berkembang secara dramatis selama bertahun-tahun dan sekarang mencakup aspek operasi bisnis yang beragam dan upaya lingkungan setempat. Namun meskipun Swedia telah membuat kemajuan besar, ada banyak tantangan yang tersisa.
Lingkungan Hidup
Aspek lingkungan dari CSR memang sangat luas, mencakup bidang-bidang seperti daur ulang kertas, pemanfaatan sumber daya berkelanjutan, meminimalkan jejak lingkungan, dan mengurangi konsumsi air. Salah satu hal yang sering kali menjadi fokus CSR perusahaan adalah upaya kolaborasi untuk membawa konsumen dan perusahaan bersama-sama untuk menemukan cara-cara untuk mengatasi perubahan iklim global. Sebagai contohnya, perusahaan Swedia Electrolux terdaftar sebagai pemimpin dunia dalam mengjitung suhu pada tahun 2012.
Cleantech – istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk atau layanan yang meningkatkan kinerja operasional, produktivitas atau efisiensi sambil mengurangi biaya, input, konsumsi energi, limbah atau polusi – merupakan bagian penting lain dari CSR. Secara internasional, tarif Swedia termasuk baik dalam energi dan teknologi lingkungan, ada dalam posisi ketiga dalam Indeks Dunia Cleantech Innovation 2012, setelah Denmark dan Israel. SEKAB, misalnya, adalah pemasok utama Eropa etanol dan etanol derivatif, digunakan untuk bahan bakar dan bahan kimia rendah lingkungan-dampak, sementara perusahaan air teknologi Xilem beroperasi di lebih dari 150 negara.
Kesetaraan Gender
Kesetaraan gender merupakan aspek penting dari cara perusahaan bekerja dengan tanggung jawab perusahaan. Perusahaan dapat mempromosikan kesetaraan dengan memungkinkan bagi orang tua untuk menggabungkan pekerjaan dan keluarga, mendorong partisipasi bersama dalam pengasuhan anak, dan memberikan wanita dan pria kesempatan yang sama untuk naik ke posisi kepemimpinan.
Anti Korupsi
Korupsi, yang diidentifikasi oleh Bank Dunia sebagai salah satu ancaman terbesar bagi pertumbuhan, telah menjadi salah satu tantangan terbesar dalam CSR perusahaan-perusahaan Swedia. Transparency International Swedia telah menilai 20 perusahaan Swedia yang terbesar, dan laporannya yang dihasilkan menunjukkan bahwa perusahaan Swedia termasuk yang baik di dunia, seperti SEB, H & M, dan Tele2. Meskipun hasil yang baik, Transparency International terus mendorong perusahaan Swedia, terutama yang beroperasi secara internasional, untuk bekerja lebih aktif melawan korupsi.
Hak Asasi Manusia – sebagai Prioritas
Pemerintah Swedia mengharapkan semua perusahaan Swedia, swasta atau BUMN, menghormati hak asasi manusia di semua operasional mereka. Hal ini mendorong sektor swasta untuk mengikuti pedoman OECD untuk perusahaan multinasional, menerapkan sepuluh prinsip Global Compact PBB dan mengikuti Prinsip-Prinsip Panduan PBB Bisnis dan HAM. Pada akhirnya, bagaimanapun, praktek bisnis yang berkelanjutan harus didorong dan dimiliki oleh sektor swasta, dengan masing-masing perusahaan memutuskan apakah dan bagaimana ia akan bekerja dengan CSR.
Perusahaan Swedia yang Berprestasi
Beberapa perusahaan Swedia yang peranan CSR-nya diakui dunia:
Electrolux
Electrolux, perusahaan terkemuka di dunia dalam peralatan listrik profesional dan rumah tangga. Electrolux juga termasuk dalam 100 daftar perusahaan yang paling sustainable di dunia. Selama 2013, perusahaan ini melaksanakan program sertifikasi untuk masalah kualitas, lingkungan, dan kesehatan dan keselamatan.
IKEA
Kapas merupakan salah satu bahan baku yang paling penting untuk IKEA, dan perusahaan ingin semua kapas yang digunakan dalam produk-produknya berasal dari produksi kapas yang sustainable. Better Cotton Initiative membantu IKEA menciptakan perbaikan abadi dan skala besar dalam budidaya kapas konvensional. Selain mengurangi dampak lingkungan dan sosial, baik Cotton menurunkan biaya produksi bagi petani. Hal ini membantu IKEA menawarkan harga kompetitif produk yang memenuhi kebutuhan konsumen serta ambisi IKEA untuk menyediakan produk bertanggung jawab.
Atlas Copco
Atlas Copco merupakan pemasok terkemuka peralatan industri seperti kompresor dan sistem perakitan. Karena memiliki operasi dan fasilitas produksi di negara-negara di mana ada risiko tinggi pelanggaran hak asasi manusia, Atlas Copco mengikuti strategi hak asasi manusia. Sejalan dengan strategi ini perusahaan tidak hanya melakukan penilaian perusahaan biasa, tetapi juga membantu mitra bisnis dan pelanggan meningkatkan hak asasi manusia.
LKAB
LKAB adalah perusahaan pertambangan milik pemerintah di utara Swedia. Perusahaan ini bertujuan untuk menjadi pemimpin dunia dalam industri pertambangan ketika menerapkan efisiensi penggunaan sumber daya dan meminimalkan dampak iklim. Perusahaan ini berinvestasi dalam penelitian dan inovasi, tetapi juga bekerja untuk menjadi bagian dari masyarakat di mana ia beroperasi. Sebagai contoh, terlibat dalam melestarikan bangunan signifikansi budaya dan pembangunan rumah baru.
Systembolaget
Pada tahun 2012, monopoli alkohol BUMN Systembolaget memperkenalkan kode etik untuk pembelian grosir minuman beralkohol, bekerja sama dengan monopoli alkohol Norwegia, Finlandia, Islandia, dan Kepulauan Faroe. Kode membutuhkan perawatan yang bertanggung jawab dalam hal hak asasi manusia, kondisi kerja, langkah-langkah anti-korupsi, dan isu-isu lingkungan di kedua operasi perusahaan sendiri dan rantai pasokan mereka.
H & M
Perusahaan pakaian H & M, dengan sekitar 2.000 toko di seluruh dunia, memiliki garis eco-pakaian yang disebut Conscious Collection. H & M bekerja secara aktif dengan pemasok untuk mempromosikan hak-hak buruh dan mengurangi dampak lingkungan. Sekitar 700 pemasok memproduksi H & M produk, banyak dari mereka di negara-negara di mana isu-isu seperti pekerja anak dan keselamatan kerja dapat menimbulkan masalah. H & M memiliki tim audit dari 70 orang memantau kepatuhan pemasok dengan kode etik H & M.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : wikipedia

