(Business Lounge – Global News) Coca cola sudah lama dikabarkan terus berjuang untuk dapat menghasilkan petumbuhan. Hal ini diakibatkan pola hidup sehat yang sudah merebak dengan luas. (Baca: Meluasnya Pola Hidup Sehat, Coca Cola akan Beli Perusahaan Jus Organik). Pola hidup sehat inilah yang menyebabkan konsumen minuman berkarbonasi semakin menurun dan beralih menjadi konsumen minuman sehat. Namun coca cola tidak kehabisan ide. Mau tidak mau perusahaan ini harus mengikuti keinginan konsumennya dengan berinvestasi pada berbagai minuman sehat seperti jus organik seperti yang sebelumnya telah diberitakan.
Pada tahun 2012, Pepsi dan Coca-Cola juga mulai menjual yoghurt melalui usaha patungan dengan perusahaan susu Jerman Theo Müller.
Tidak berhenti sampai di situ, coca cola bersama dengan PepsiCo sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi di Chobani, produsen yogurt milik Yunani dengan harga USD 3 miliar, termasuk utang, atau sekitar IDR 40.8 triliun, demikian seperti dilansir oleh Reuters.
Coca cola dan PepsiCo sebagai raksasa minuman ringan telah memutuskan untuk melakukan diversifikasi dengan mengikuti gaya hidup sehat yang tumbuh lebih cepat pada konsumen pasar AS. Sedangkan Chobani sedang menjajaki untuk menjual saham minoritas, termasuk waran yang dimiliki oleh perusahaan ekuitas swasta TPG Capital LP, demikian seperti dilansir oleh Reuters.
Chobani mencari investor strategis untuk membantu memperluas rantai pasokan, distribusi, basis manufaktur dan jejak geografis untuk yogurt populernya seperti Flip, yang menggabungkan yogurt dengan rasa seperti selai kacang dan kopi. Di sisi lain, coca cola dna pepsico membutuhkan produk untuk berinvestasi sedangkan Chobani membutuhkan wilayah rantai pasokan.
Kesepakatan dalam proses negosiasi dapat saja berubah dan belum ada kepastian bahwa baik Pepsi atau Coca-Cola akan mencapai kesepakatan. Berbasis di New Berlin dan New York, Chobani telah didirikan sejak tahun 2005 oleh imigran Turki Hamdi Ulukaya, pemilik mayoritas dan kepala eksekutif. Namun saat ini perusahaan yogurt Yunani yang mereknya telah menjadi salah satu merek terlaris di Amerika Serikat ini juga telah mengalami pelemahan. Perusahaan ekuitas swasta TPG Capital LP memberi pinjaman USD 750 juta kepada perusahaan ini pada tahun lalu untuk membantu mendanai perubahan haluan.
Pepsi dan Cocal cola memang bukan pertama kali membidik susu, tahun ini, Coca-Cola juga mulai mendistribusi produk susu nasional yang disebut FairLife, yang diciptakan melalui usaha patungan dengan Select Milk Producers. Pepsi, yang memiliki produk kategori makanan ringan termasuk produk “better for you” seperti Quaker Oats, serta Frito-Lay Chip dan persembahan lainnya, memiliki portofolio makanan ringan yang lebih luas daripada Coke.
Coca-Cola memiliki track record investasi minoritas di segmen pertumbuhan konsumen, termasuk saham di perusahaan kopi Keurig Green Mountain Inc (GMCR.O), minuman energi Rakasa Minuman Corp (MNST.O) dan merek jus Suja Hidup LLC.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal, Chobani