(Business Lounge – Manage Your Finance) Berbisnis kuliner bisa dikatakan bisnis yang abadi sepanjang masa. Sebab setiap orang akan selalu membutuhkan makanan dan selalu ada kesempatan untuk dapat berkumpul bersama dengan para kolega. Saat berkumpul, maka makan bersama menjadi hal yang jarang dilewatkan. Jadi jika Anda telah memilih untuk berbisnis kuliner, maka ini merupakan keputusan yang tepat bagi Anda untuk dapat meraih keuntungan. Namun tentu saja diperlukan seni tersendiri untuk memancing pelanggan Anda rela hati merogoh koceknya dan mengeluarkan biaya lebih besar lagi pada saat ia mampir ke tempat Anda.
Tawarkan topping tambahan
Buatlah menu yang customized, misalnya saja dengan memberikan pilihan topping atau isi tambahan. Misalnya saja untuk pelanggan yang memesan burger, maka buatlah pilihan bilamana ia mau menambahkan keju lebih banyak, atau daging asap jenis lain, dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengarahkan seluruh pelayan Anda untuk menawarkan item tambahan kepada seluruh pelanggan Anda.
Bermainlah dengan harga yang lebih murah
Tidak ada salahnya menawarkan harga yang lebih rendah pada menu Anda, ini tentu akan memancing para pelanggan untuk datang kembali. Tidak hanya itu, biasanya tanpa disadari mereka akan memesan lebih banyak untuk item dengan harga khusus sehingga ketika dijumlahkan maka mereka ternyata berbelanja lebih banyak pada rumah makan Anda dibandingkan apabila tidak ada harga murah pada menu Anda.
Penting untuk mendeskripsikan menu Anda dengan sebaik-baiknya.
Bila Anda ditawari untuk membeli steak dengan harga Rp125,000, apakah yang ada di pikiran Anda? Terlalu mahal? Tetapi kemudian bagaimana jika pada menu Anda membaca keterangan tambahan bahwa dagingnya merupakan daging import pilihan terbaik yang dibumbui dengan rosemary dan sage, disajikan dengan mashes potato, dan sebagainya. Saya rasa Anda tidak akan keberatan untuk membayar sejumlah itu.
Bermainlah dengan harga dan penulisannya
Alih-alih menuliskan Rp50,000 cobalah untuk menuliskan Rp49,500. Hal ini akan mempengaruhi efek psikologis sang pelanggan. Selain itu, berilah jarak antara nama menu dan penulisan harga tanpa adanya garis atau titik-titik yang menghubungkan, hal ini untuk mengaburkan menu termurah yang Anda miliki untuk segera didapatkan oleh pelanggan Anda.
Tampilkan menu andalan Anda
Anda pasti bisa mengetahui menu apa yang dapat Anda andalkan untuk memperoleh marjin yang cukup besar. Tuliskanlah itu pada setiap meja dengan foto yang sangat menarik, atau sandingkanlah dengan item lainnya untuk menjadi penawaran paket yang dapat menggoda.
Ciptakan suasana
Ingat bahwa semakin lama pelanggan Anda duduk maka akan semakin banyak kesempatan untuk berbelanja, karena itu ciptakanlah suasana yang nyaman. Penerangan yang tepat, musik yang mengalun tenang, kursi yang nyaman, serta banyak hal lain yang dapat membantu Anda.
Membeli Souvenir?
Saya jamin bahwa pelanggan Anda tidak akan berminat jika Anda menawarkannya untuk membeli stoples besar bertuliskan brand Anda. Tetapi apabila Anda menawarkan porsi besar dan Anda katakan bahwa itu diletakkan disebuah stoples besar untuk menjaganya tetap aman, saya rasa sang pelanggan tidak akan mempermasalahkannya.
Pilihan isi ulang
Minum dengan pilihan isi ulang sering kali menjadi pilihan. Tidak ada salahnya untuk membedakan harga minuman yang isi ulang dengan yang tidak.
Kelihatannya hal-hal di atas sangat sederhana atau mungkin sering kali dianggap sebagai hal yang remeh. Tetapi tidak tahukah Anda bahwa setiap rupiah yang Anda dapatkan akan memperbesar marjin Anda?
Selamat mencoba.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Imange: Business Lounge