(Business Lounge – Manage Your Business) Peningkatan pertumbuhan e-commerce di Indonesia menyebabkan persaingan yang semakin berat bagi para pelaku bisnis online. Di satu sisi terdapat potensi yang besar, namun di sisi lain potensi yang besar mengundang banyak para pemain baru yang ikut mencoba meraih sukses dalam bisnis ini. Dengan ketatnya persaingan yang ada, setiap bisnis harus memiliki keunggulan kompetitifnya sendiri. Cobalah pikirkan apa yang menjadi keunikan Anda? Apa yang membedakan produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan yang lain? Jika belum ada, maka Anda harus menciptakan keunggulan kompetitif Anda sendiri. Untuk itu sangat dibutuhkan kreatifitas, untuk menghasilkan ide-ide bisnis bagi usaha Anda.
Misalnya saja di dalam layanan pemesanan transportasi melalui aplikasi mobile, semakin hari semakin banyak startup yang menawarkan layanan yang serupa. Go-jek sebagai perintis di dalam layanan pemesanan ojek, kini harus menghadapi persaingan dari Grabbike, layanan pemesanan ojek dari Grabtaxi. Belum lagi persaingan datang dari Uber taxi yang semakin sukses dengan layanan taxi-nya. Untuk itu perusahaan ini terus berkreatifitas untuk menawarkan layanan yang terbaik bagi pelanggannya. Hal yang terbaru adalah program promo-nya yang diberi nama “Ceban jelang ramadhan” yang baru mulai berlaku pada hari Senin lalu.
Sebelumnya Go-jek diketahui telah melakukan beberapa gebrakan baru sepanjang tahun ini, mulai dari menghadirkan aplikasi mobile-nya, melakukan ekspansi ke beberapa kota, membuka layanan pesan antar makanan Go-food, menerapkan tarif khusus jam sibuk dan lainnya. Kali ini Go-jek menawarkan program promo untuk menjelang bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari lagi.
Program promo yang diberi nama “Ceban jelang ramadhan” ini berlaku sejak Senin 8 Juni 2015, dan akan berlangsung hingga awal bulan Ramadhan. Sesuai dengan nama programnya, Go-jek mengenakan tarif datar sebesar Rp 10.000 untuk semua layanannya, baik layanan instant Courier, Shopping online, Transport dan layanan pesan antar makanannya Go-Food. Program ini berlaku untuk setiap kota operasionalnya, baik di Jakarta, Bandung, maupun Bali. Program ini sebenarnya adalah program subsidi, artinya pihak pengelola Go-Jek akan mensubsidi sisa tarif yang seharusnya dibayarkan. Go-jek akan membayar sisa dari tarif tersebut sehingga para supir Go-jek tetap akan mendapat bayaran dengan menggunakan tarif biasa.
Nah kalau Go-jek berkreatifitas dengan menawarkan program promo, lain lagi yang dilakukan Ubercar. Layanan taxi premium ini baru-baru saja meluncurkan program supercar-nya, program yang memberikan pengalaman menaiki mobil mewah kepada pelanggannya. Ide kreatif bukan? Masih di bisnis online, ada belowcepek.com, dengan konsep bisnisnya khusus menjual produk fashion berkualitas dengan harga di bawah 100 ribu rupiah. Ini juga sebuah kreatifitas yang belum terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.
Lantas apa yang Anda lakukan dengan bisnis online anda? Ambillah waktu untuk menemukan ide-ide kreatif yang bisa anda terapkan dalam bisnis Anda.