Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

(Business Lounge – Manage Your Business) Bagi para pebisnis yang sedang memulai bisnis barunya, pemilihan lokasi usaha adalah sebuah hal yang penting dan critical yang akan menentukan keberhasilan selanjutnya. Anda yang hendak memulai sebuah bisnis baru, mungkin sedang konsen untuk memikirkan bagaimana konsep produknya, bagaimana strategi promosinya, dan lainnya, namun jangan lupa hal penting lainnya adalah memutuskan lokasi yang tepat bagi bisnis anda. Hal ini penting karena bisa saja Anda memiliki produk yang unik dengan kualitas yang unggul untuk ditawarkan, namun apalah artinya jikalau keberadaan Anda tidak diketahui dan sulit untuk dijangkau konsumen.

Berikut beberapa tips dalam memilih lokasi bisnis:

1. Pilihlah lokasi padat penduduk

Semakin padat suatu lokasi, maka semakin banyak jumlah populasi manusia yang tinggal di sana, artinya semakin besar potensi calon pelanggan yang dapat Anda peroleh, artinya potensi untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Pilihlah lokasi yang ramai, khususnya jika bisnis Anda masih dalam tahap memulai. Tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian juga bisa menjadi pilihan seperti kawasan perkantoran, rumah sakit, sekolah, atau kampus.

2. Pilihlah lokasi yang memiliki daya beli tinggi

Selain memperhatikan kepadatan penduduknya, perhatikan juga bagaimana daya beli masyarakat di sana. Karena ada juga daerah yang padat penduduknya, namun tidak didukung oleh tingkat pendapatan yang cukup dari masyarakatnya.

3. Pilihlah lokasi yang dekat dengan target pasar

Pastikan toko Anda berada dekat dengan pasar yang Anda targetkan, dengan demikian pelanggan akan lebih mudah mengunjungi, lebih menghemat waktu dan biaya bagi pelanggan.

4. Pilihlah lokasi yang mudah diakses

Pilihlah lokasi yang mudah diakses, seperti mall, pasar, atau di pinggir jalan, jika tidak, mungkin pelanggan akan mengurungkan niat ke toko Anda. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah masalah kemacetan. Memang kemacetan hampir tidak dapat dihindari, namun sebisanya hindarilah lokasi titik rawan kemacetan yang parah.  Perhatikan juga arah lalu lintas di toko anda, apakah satu arah atau dua arah, apakah ada pada sisi arah orang pulang atau berangkat.

5. Perhatikan tingkat kompetisi di lokasi tersebut

Perhatikan juga bagaimana kompetisi di lokasi tersebut. Jika di lokasi tersebut sudah banyak pesaing yang menawarkan produk sejenis, maka Anda akan menghadapi kesulitan untuk berkompetisi, kecuali jika Anda sanggup menciptakan sesuatu yang spesial dibandingkan produk yang sudah ada sebelumnya. Jika tidak, lebih baik Anda mencari lokasi yang lain.

6. Pilihlah lokasi yang aman

Selain faktor-faktor di atas, keamanan juga merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan. Pastikan toko Anda berada pada lokasi yang keamanannya terjamin. Jika lokasi bisnis Anda berada pada pertokoan, pastikan ada pihak keamanan atau security setempat yang menjaga keamanan lokasi tersebut.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x