(Business Lounge – Company Profile)
Hitachi telah beroperasi selama lebih dari 125 tahun. Hitachi memiliki visi yaitu “berkontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan yang unggul, teknologi murni, dan produk”. Selama ini, tujuan Hitachi telah mengembangkan berbagai macam produk, service, dan solusi untuk pengembangan infrastruktur. Kebutuhan masyarakat atas teknologi maju dan berkembang membuat Hitachi membulatkan tekad untuk memberikan fokus bisnisnya kepada bisnis di bidang innovasi sosial.
Sebagai Leader dalam Bisnis Inovasi Sosial
Dalam bisnis yang sedang difokusi ini, Hitachi memiliki tujuan menyediakan solusi yang berkelanjutan untuk pembangunan kota-kota di dunia, meningkatkan infrastruktur transportasi perkotaan, meningkatkan akses terhadap air bersih, perkembangan teknologi dan konservasi terhadap sumberdaya alam yang berharga.
Menjadi leader dalam bisnis inovasi sosial bagi Hitachi berarti mengembangkan pusat data yang mampu mengatur dan menyimpan sejumlah besar data terstruktur. Ini berarti mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir yang lebih aman dan sistem pembangkit listrik termal yang lebih efisien yang akan memiliki dampak negatif terhadap lingkungan yang lebih kecil. Ini juga berarti menciptakan mobil dan bentuk lain dari transportasi massal yang meningkatkan efisiensi sekaligus mengurangi jejak karbon. Selain itu menciptakan peralatan medis canggih yang dapat mengobati penyakit seperti kanker dengan lebih sedikit kerusakan jaringan sehat atau membuat gambar berkualitas tinggi MR di lingkungan yang lebih nyaman untuk pasien dari segala usia.
Dalam bisnisnya maka Hitachi harus bekerja dengan pelanggan dan mitranya, menggabungkan modal intelektual, untuk mengembangkan produk, layanan, dan solusi yang diminati. Dengan kata lain berarti teknologi penyulingan dan mengembangkan yang baru untuk memenuhi tantangan masa depan, menciptakan nilai yang akan berlangsung untuk generasi mendatang. Ini berarti terus menerus membawa produk baru ke pasar yang memiliki tingkat kualitas yang tinggi dan kehandalan yang tinggi. Tujuan Bisnis Inovasi Sosial Hitachi adalah untuk mendorong inovasi dan “Inspire the Next“.
Kekuatan Visi dan Misi Hitachi
Dari paparan di atas apakah Anda terkesan dengan Hitachi? Ya untuk saya. Bukan main, cara mereka mengarahkan bisnisnya, mereka berada di bisnis yang terbaik. Mereka tidak akan tertinggal dari competitor-nya. Hitachi mampu memberikan gambaran yang baik terkait arah bisnis yang dijalankannya dan membawakannya dengan baik sehingga mereka juga menyentuh sisi sosial.
Mereka mampu menginspirasi masyarakat dan khususnya seluruh karyawannya dengan visi yang luar biasa. Visi Hitachi jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Hitachi membawa inovasi untuk menjawab tantangan masyarakat. Dengan tim kami yang bertalenta dan juga teruji secara internasional, kami bisa menginspirasi dunia”.
Rasanya visi untuk menjadi leader di industri bisnis tertentu yang masih banyak digunakan oleh perusahaan multinasional sudah tidak menarik lagi untuk Hitachi. Mereka membuat Visi yang sungguh berbeda, visi mereka menggambarkan mereka lebih unggul bahkan dari market leader. Visi adalah hal yang sangat penting dimiliki perusahaan agar para karyawan dapat bergerak searah untuk mencapai main goal. Visi yang baik atau bahkan menginspirasi dapat membangun nilai pada diri karyawan yang lebih kuat.
Abdullah Khair/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana