GAP Jalin Kesepakatan dengan Zalando

(Business Lounge – Business Insight) Gap Inc yang adalah perusahaan multinasional pakaian dan aksesoris pengecer milik Amerika telah membuat kesepakatan pengecer fashion online terbesar di Eropa. Zalando akan menjual GAP sebagai produk intinya mulai Mei mendatang. Dengan demikian diharapkan Zalando dapat menjangkau lebih banyak konsumen, terutama pada pasar online.

GAP yang didirikan pada tahun 1969 oleh Donald Fisher dan Doris Fisher F dan bermarkas di San Francisco, California ini telah bertransaksi dengan 24 negara Eropa melalui situsnya dan memiliki lebih dari 200 toko di benua tersebut. Tetapi GAP tidak hadir pada pasar utama perdagangan pakaian seperti Jerman.

Sedangkan Zalando berbasis di Berlin dan terdaftar di bursa saham Frankfurt pada bulan lalu. Zalando sudah mulai menjual sepatu pada tahun 2008 dan sekarang tercatat mengirimkan 1.500 merek untuk pelanggan di 15 negara Eropa, dengan Top Shop milik Inggris sebagai salah satu tambahan yang sudah memiliki nama.

“Banyak pelanggan di Eropa masih tidak memiliki akses ke merek Gap,” demikian dikatakan pendiri Zalando David Schneider kepada Reuters. “Kami menawarkan platform untuk memasuki 15 pasar dalam bahasa setempat, dalam mata uang lokal, dengan pengiriman gratis, pengembalian dan sebagainya.”

Gap, yang berjalan lebih dari 3.500 toko di seluruh dunia, sedang mencoba untuk mengurangi ketergantungannya pada pasar Amerika Utara yang sangat kompetitif dan berencana untuk membuka 40 toko di India pada waktu yang sama dan berupaya memperkuat e-commerce.

Kepala bisnis digital Seni Peck akan mengambil alih posisi sebagai chief executive pada Februari mendatang setelah penjualan divisinya tumbuh 21 persen pada tahun keuangan 2013 menjadi US $ 2,3 miliar 6 persen dari total penjualan.

Saingan Gap terbesar di Eropa, Inditex dan H & M juga berinvestasi dalam e-commerce, tetapi berfokus pada situs mereka sendiri dan tidak terdaftar di Zalando. “Kita harus berada di tempat pelanggan berada. Zalando adalah situs mode e-commerce yang paling dikunjungi di Eropa,” kata Stefan Laban yang bertanggung jawab untuk bisnis Gap di Eropa dan Jepang. “Kami ingin menjadi salah satu merek terbesar di tempat itu.”

E-commerce bisa tumbuh hingga 30 persen dari total penjualan mode Jerman pada tahun 2020, dari 14 persen pada 2012, menurut perusahaan konsultan Strategy &. Sementara kesepakatan Zalando difokuskan pada merek utama Gap. Laban juga mengatakan perusahaan menjajaki kemungkinan memperluas bisnis ke jalur lain seperti Old Navy.

Semester pertama penjualan Zalando meningkat sebesar 29,5 persen menjadi € 1,047 miliar ($ 1,3 miliar atau 15.6 triliun rupiah),. Sedangkan laporan kuartal ketiga akan dilaporkan pada Rabu (26/11).

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x