(Business Lounge – Empower People) Erwin van Laethem, CEO dari Dutch energy company Essent Belanda menjelaskan bagaimana pemasaran membawa transformasi komersial dan apa yang dilakukannya dalam menyiapkan CMO Dutch Energy sehingga berhasil.
Erwin mendorong transformasi perusahaannya melalui pemasaran, dia memposisikan departemen pemasaran sebagai mesin untuk transformasi komersial ketika tahun 2010, Belanda sebagai pasar energi yang paling ketat persaingannya di Eropa, membuat perusahaan Erwin kehilangan banyak pelanggan, bisnisnya hanya mencapai break even saja dan tidak banyak uang yang didapat dari pelanggan. Mengatasi hal ini Erwin merekrut seorang CMO baru untuk melakukan perubahan. Erwin mulai merekrut CMO melalui proses penyaringan kandidat dari luar perusahaan, mereka menginginkan kandidat yang memiliki track record di dunia pemasaran dengan banyak potensi untuk terus bertumbuh. Seorang yang kreatif dan menjadi magnet yang kuat untuk seluruh perusahaan sehingga setiap orang akan mengikutinya.
Setelah Erwin mengidentifikasi profil CMO yang tepat, dan ketika hal tersebut merupakan elemen penting bagi mereka untuk benar-benar mempersiapkan “landasan.” Erwin membantu CMO menjadi sukses dengan membebaskan waktunya dari semua birokrasi dan prosedur yang sedang berlangsung di organisasi yang memang ingin disingkirkan. Hal ini dilakukan agar sang CMO bebas bergerak dalam melakukan perubahan.
Erwin mencari seorang CMO yang akan menarik bagi seluruh organisasi – sebagai sebuah ‘penarik’ yang akan diikuti oleh orang lain. Perusahaan secara aktif mendukung dia sehingga itu sangat jelas bagi seluruh organisasi tentang komitmen dari Erwin dan seluruh board of director untuk membuat CMO dan departemen pemasaran seluruhnya sukses.
Apa yang Erwin lakukan untuk menyiapkan kesuksesan CMO nya adalah secara pribadi terlibat dalam mencari orang yang memiliki talenta untuk hal ini. Erwin ikut melakukan wawancara dengan calon CMO. Erwin benar-benar serius untuk menyatakan komitmentnya dengan menjanjikan karir yang menarik ketika seorang calon CMO meninggalkan karirnya yang sukses di perusahaan lain dan masuk pada tantangan besar bersamanya.
Seterusnya Erwin memiliki beberapa kiat yang akhirnya membuat CMO yang dipilihnya sukses, yang pertama adalah kolabarasi dari seluruh unit perusahaan adalah kunci kesuksesan. Menghadapi persaingan yang sangat ketat maka kerjasama cross functional dari marketing, sales, finance, IT dan departemen lainnya menjadi pertahanan yang sangat kuat.
Kunci sukses yang kedua adalah hubungan sehari-hari antara CEO dan CMO untuk mengimplementasikan visi. Ketika seorang CEO dan CMO mempunyai komunikasi yang baik maka hal tersebut membuat seluruh organisasi bergerak menuju tujuan yang sama. Kunci sukses yang ketiga adalah tetap menjaga agar CMO dan seluruh organisasi fokus kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan seluruh inovasi. Setiap perubahan menurut Erwin harus dimulai dari pelanggan dan berakhir pada pelanggan, perubahan selalu berarti memberikan nilai tambah kepada pelanggan yang pada akhirnya menambah nilai bagi organisasi.
Fadjar Ari Dewanto/Managing Partner Business Advisory Vibiz Consulting