Popularitas Wall-Mart Stores Tersaingi Dollar Store

(Business Lounge – Business Today) Toko pengecer berukuran menengah di Amerika Serikat, Wal-Mart Stores Inc, Macy’s Inc, dan J.C. Penney Company Inc, telah berusaha untuk bertahan dalam beberapa tahun terakhir. Namun mereka yang menjadi konsumen perusahaan-perusahaan tersebut dirasa lamban untuk dapat kembali kepada tingkat konsumsi mereka sebelumnya terjadinya resesi.

Sebagai dampak dari kondisi tersebut perusahaan-perusahaan harus memotong penerimaannya dalam setahun dan menurunkan harga jual dari produk-produk di toko mereka. Kebanyakan warga Amerika Serikat memilih untuk menghemat uang dalam kondisi pasca resesi meskipun mereka hanya mampu menyimpan sebanyak 40 sen untuk sekantong tepung.

Akan tetapi pada kondisi tersebut tingkat popularitas dari toko seperti Dollar Stores justru mengalami peningkatan. Para pelanggan dari toko tersebut adalah kelompok warga Amerika Serikat yang hidup dibawah dari garis kemiskinan yang diperkirakan mencapai jumlah 46,5 juta orang. Toko-toko dengan diskon besar seperti Dollar Stores tersebut mengalami pertumbuhan yang tinggi. Menurut data dari pasar di Amerika Serikat pertumbuhannya mencapai 45,7 persen atau $48,2 milyar antara tahun 2008 dan 2013.

Toko-toko pemberi diskon besar di Amerika Serikat sangat bergantung terhadap masyarakat miskin Amerika Serikat. Kelompok masyarakat tersebut berjumlah sekitar 15% dari populasi di Amerika Serikat pada 2012 dibandingkan dengan tahun 2007 yang sebesar 12,5%.

Dollar Stores menawarkan kepada pelangannya harga-harga yang lebih murah dibandingkan toko-toko lainnya. Akan tetapi secara kuantitas jumlah yang ditawarkan oleh Dollar Stores tidak lebih baik dari yang ditawarkan oleh toko-toko pengecer lainnya.

Pertumbuhan dari Dollar Stores diprediksi tidak selamanya bertahan lama. Dollar Store akan menghadapi persaingan dengan toko-toko pengecer besar lainnya seperti Wal-Mart, Whole Foods Market Inc, dan Supervalu. Toko-toko tersebut telah melakukan adaptasi dengan kondisi dari pelanggan-pelanggan mereka sehingga mereka membuka toko-toko yang lebih kecil dekat dengan lingkungan pemukiman.

Afif Bahar/Analyst of Vibiz Research – Vibiz Consulting/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana