Control Awareness
(Business Lounge – Operate Efficiently) Pernahkah kita mendengar mengenai kejahatan finansial yang terjadi pada bank? Misalnya penipuan atas surat berharga, ataupun pembobolan brankas kas suatu bank di cabang tertentu? Atau pembobolan rekening nasabah oleh karyawan bank? Seringkali kita dikagetkan oleh adanya berita demikian, bahkan sampai bank mengalami kerugian yang cukup berarti. Tidak sedikit hal ini disebabkan oleh karena kesalahan yang dilakukan oleh orang dalamnya sendiri.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena adanya fungsi control yang tidak berjalan dengan semestinya pada proses yang dilakukan.
Kesalahan yang dilakukan bisa saja dilakukan baik oleh orang dalam (fraud), maupun tindakan penipuan oleh pihak luar, namun seperti yang disampaikan sebelumnya sering kali pihak luar dapat menembus sistem yang ada karena adanya kerjasama dari pihak internal bank ataupun kelengahan dari pihak internal bank.
Dalam dunia perbankan, kontrol memegang peranan yang sangat penting. Fungsi kontrol yang baik, dapat me-minimize adanya kemungkinan kesalahan oleh orang dalam maupun tindakan kecurangan yang dilakukan oleh orang luar ………
(Click gambar untuk baca lebih lanjut)
Membangun Proses Kontrol
- Prinsip pelaksanaan empat mata
- Perlunya Verifikasi dan Rekonsiliasi
- Site visit / Branch visit
- Kelengkapan Dokumentasi
- Evaluasi berkala
(Click gambar untuk baca lebih lanjut)
System & Physical Control
- Digunakan oleh orang yang tidak berhak
- Akses atas transaksi yang tidak berhak
- Kesalahan melakukan penginputan data
- Melakukan transaksi diatas wewenang yang dimiliki
- Manipulasi data, dll
Sebagaimana diketahui dalam suatu perusahaan (terutama perbankan), penggunaan system sudah menjadi bagian yang sangat penting, tanpa adanya system dapat dikatakan, aktifitas kerja menjadi lumpuh. System yang digunakan juga tidak hanya satu namun banyak system sesuai dengan maksud dan tujuannya masing-masing. Di bank system yang paling utama dinamakan core banking system, yaitu system yang memproses seluruh day to day transaction dari customer dan menyimpan data customer. Karena begitu penting system bagi keberlangsungan kerja perusahaan dan customer, maka langkah-langkah yang diambil untuk mencegah terjadinya masalah atau kesalahan dilakukan hal-hal berikut:
(Click gambar untuk baca lebih lanjut)
Bernhard Sumbayak/Founder and Chairman Vibiz Consulting Group/VMN/BL