(Business Lounge – Business Today) – Raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba Group kemarin mengumumkan akan berinvestasi sebesar US $ 120 juta pada pengembang dan distributor game yang berbasis di AS
Dalam langkahnya untuk memastikan kemitraan strategis tersebut, Alibaba mengatakan akan menerbitkan dan mempromosikan game mobile Kabam di Tiongkok melalui saluran seperti Taobao, Laiwang dan Alipay. Permainan ini mencakup The Hobbit: Kingdoms of Middle-earth dan Fast & Furious 6: The Game.
Dua raksasa online Tiongkok lainnya, Tencent dan Baidu, juga telah berinvestasi dalam bisnis game mobile dengan mendirikan toko aplikasi mobile atau mengakuisisi perusahaan mobile.
Baidu pada tahun lalu mengakuisisi toko aplikasi mobile 91 Wireless senilai US $ 1,95 miliar, sementara Tencent memiliki platform Tiongkok yang paling populer berkat adanya QQ dan layanan WeChat mereka.
Pada bulan Juni, Tiongkok memiliki 368 juta pengguna mobile game, atau sama dengan 58,2 persen dari total pengguna ponsel. Jumlah nya sudah mencapai 54,7 persen pada akhir tahun 2013, menurut China Internet Network Information Center.
Dengan adanya “investasi minoritas” dari Alibaba ini akan membantu Kabam mengangkat bisnis game Tiongkok di masa depan, demikian disampaikan olegh Kevin Chou, CEO Kabam ini.
Kabam, yang saat ini memiliki 300 staf di studionya di Beijing, memiliki target untuk menghasilkan pendapatan setidaknya 10 persen dari Tiongkok dalam waktu dua tahun, dibandingkan dengan hanya 1 persen pada saat ini, kata Chou.
Pada tahun 2013, pendapatan Kabam mencapai US $ 360 juta dari seluruh dunia. Ia mengharapkan jumlah ini akan meningkat sampai US $ 500 juta.
Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri