How to have an Effective Branding Strategy
(Business Lounge – Marketing) Brand atau merek sebuah produk merupakan identitas dari produk tersebut di pasar/market. Merek Anda merupakan janji yang Anda buat untuk pelanggan dan Merek menunjukkan nilai bisnis dari perusahaan Anda. Brand Anda merupakan ekspresi dari perusahaan Anda dimana pelanggan akan membeli produk Anda.
Kita akrab dengan nama-nama seperti McDonald, Coca Cola, Mercedes, Nike yang merupakan sebuah merek yang mendunia. Merupakan impian dari semua pengusaha untuk menjadikan Brand mereka menjadi merek yang mendunia.
Branding memegang peranan yang penting dalam sebuah bisnis. Dengan strategi branding yang tepat maka bisnis Anda akan menjadi lebih dikenal oleh market. Strategi Branding menurut Gelder (2005), “The brand strategy defines what the brand is supposed to achieve in terms of consumer attitudes and behavior”, dimana strategi merek mendefinisikan apa yang seharusnya dicapai suatu Brand dalam kaitannya dengan sikap dan perilaku konsumen.
Tujuan dari strategi branding adalah :
1. Brand Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas
2. Dapat mengkonfirmasi kredibilitas pemilik brand
3. Dapat menghubungkan dengan target pemasaran yang lebih personal.
4.Memotivasi pembeli untuk membeli produk Anda
5. Menciptakan loyalitas pelanggan
Untuk meraih sukses di dalam suatu strategi branding kita harus memahami kebutuhan serta keinginan dari pelanggan serta prospek kita. Strategi branding menjadi sangat powerfull jika dilakukan secara konsisten.
Merek / Brand berbicara banyak tentang sebuah perusahaan. Demikian juga dengan brand Anda, itulah yang akan membangun reputasi bisnis Anda. Jika Anda dapat membangun loyalitas brand Anda dengan konsumen, maka Anda dapat berdiri setara dengan merek-merek yang terkenal. Sebuah strategi merek dapat membantu Anda dalam meningkatkan ekuitas merek Anda sehingga pelanggan mau membeli produk Anda karena pelanggan mengenal baik akan produk Anda.
Meningkatkan Ekuitas Brand
Ekuitas brand / merek tergantung kepada bagaimana upaya Anda dalam membangun merek (bran-building effort). Dan nilai ekuitas ini akan berubah-ubah naik atau turun tergantung pada upaya yang Anda dilakukan. Karena ekuitas merek yang tinggi tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan dapat ditingkatkan dengan cara-cara tertentu. Cara untuk meningkatkan ekuitas merek dapat dilakukan dengan memilih nama atau logo identitas merek yang baik, tepat dan smart. Juga melalui program pemasaran dan komunikasi pemasaran. Usaha komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten sangat dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan ekuitas merek.
Merek sebuah produk yang memilik ekuitas yang tinggi adalah produk yang memiliki kualitas tinggi dan mempromosikan produknya dengan baik. Semakin tinggi ekuitas merek Anda, maka akan semakin tinggi pula value yang akan diberikan merek tersebut kepada konsumen. Jika ekuitas merek dari perusahaan Anda meningkat, maka hal ini akan menumbuhkan loyalitas konsumen pada produk / merek Anda.
Strategi Branding Yang Efektif
Sebuah strategi branding yang efektif merupakan janji dari perusahaan Anda. Karena itu penting untuk Anda menjaga kualitas produk selalu baik.
Kualitas layanan yang baik yang Anda berikan kepada pelanggan akan memberikan kepuasan bagi pelanggan Anda. Dan jika pelanggan Anda senang maka mereka akan terus memilih produk Anda. Untuk menerapkan strategi merek yang efektif maka Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : dimana brand Anda harus berbeda dari brand-brand yang lain dan Anda harus menemukan pasar yang berbeda. Buatlah pelanggan Anda menghargai dan menyukai produk Anda. Dan membuat Merek atau brand Anda ada di dalam hati dan pikiran pelanggan. Sehingga pelanggan yang menyukai produk Anda akan mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut atau word of mouth. Hal ini akan menghemat jutaan rupiah yang Anda keluarkan untuk kampanye iklan.
Demikianlah strategi dari sebuah brand yang efektif memberikan sebuah sebuah impact yang powerfull. Dan hal ini akan membuat bisnis Anda menarik, dan disukai oleh pelanggan Anda, sehingga Anda akan menarik keuntungan yang besar dari bisnis Anda.
Debbie Kusuma : Praktisi Marketing dan Kontributor Folder Marketing di Businesslounge
Editor: Iin Caratri