(Business Lounge – Sales & Marketing) – Siapa yang tidak mengenal restoran hamburger Mc.Donald? Mc Donald’s Corp merupakan restoran hamburger terbesar di dunia yang melayani lebih dari 58 juta pelanggan setiap harinya. Pada saat ini restoran Mc Donald tersebar di 120 negara di dunia dengan jumlah restoran lebih dari 31.000. Dan Mc Donald sepanjang tahun ini berhasil mencapai pendapatan sebesar $ 95 billion.
Dalam The World’s Top 20 Brand pada tahun ini Mc Donald’s menempati peringkat ke 4 sebagai the most valuable brand in the world, Dimana peringkat pertama adalah Apple, disusul IBM dan Google. Dan peringkat ke 5 dibawah Mc Donald’s adalah Microsoft.
McDonald berhasil membuktikan dirinya sebagai restoran hamburger terbesar di dunia pada saat ini. McDonald tidak tumbuh pesat karena keberuntungan, tetapi karena kerja keras dan ide-ide bisnis yang cemerlang.
Sejarah Singkat McDonalds
Bisnis restoran McDonald ini didirikan pertama kalinya pada tahun 1940, oleh Richard dan Maurice McDonald bersaudara di San Bernardino, California. Restaurant McDonald menjual hamburger, cheeseburger, produk ayam, kentang goreng, menu breakfast, soft drink, desert, juga salad buah.
Pada tahun 1948 McDonald’s menjadi restoran cepat saji modern melalui “”Speedee Service System” atau Sistem Layanan Speedee”. Maskot asli McDonald adalah seorang pria dengan topi koki di atas kepala berbentuk hamburger yang namanya adalah “Speedee.” Speedee pada tahun 1967 akhirnya diganti dengan Ronald McDonald seorang pria berbentuk kostum badut.
McDonald sendiri untuk pertama kalinya mengajukan merek dagang di Amerika Serikat dengan nama McDonald. Yaitu pada tanggal 4 Mei 1961 dengan “Layanan Restaurant Drive-In,” dimana deskripsi ini terus diperbaharui sampai akhir Desember 2009.
Business Model Dari McDonald’s
Pada tanggal 15 April 1955, di Des Plaines, Illinois, restoran McDonald secara keseluruhan dibeli oleh Ray Kroc dari McDonald bersaudara. Dari situlah McDonald’s berekspansi ke seluruh dunia. Selain itu perusahaan McDonald menjadi terdaftar di pasar saham publik pada tahun 1965. Kroc berhasil melakukan bisnis yang agresif.
Restoran McDonald pertama dibuka di Amerika Serikat, selanjutnya McDonald’s membuka restoran-restoran lainnya di Kanada, Kosta Rika, Panama, Jepang, Belanda, Jerman, Australia, Perancis, El Salvador dan Swedia,
Sebuah restoran McDonald dioperasikan dengan sistem franchisee atau afiliasi. Pendapatan korporasi berasal dari sewa royalti dan biaya dibayar oleh franchisee, serta penjualan di perusahaan-dioperasikan restoran. Pendapatan McDonald mengalami pertumbuhan 27% selama tiga tahun berakhir pada tahun 2007 menjadi $ 22,8 miliar dan pertumbuhan 9% pada pendapatan operasional menjadi $ 3,9 miliar.
Dengan perluasan McDonald ke pasar internasional, perusahaan telah menjadi simbol globalisasi dan penyebaran cara hidup Amerika. Secara fakta pada saat ini, restoran McDonald ditemukan di 120 negara dan teritori di seluruh dunia dengan melayani 58 juta pelanggan setiap harinya. Dan McDonald mengoperasikan lebih dari 31.000 restoran di seluruh dunia, dengan mempekerjakan lebih dari 1,5 juta karyawan.
Strategi Promosi
Dengan semakin berkembangnya bisnis ini maka Markas The McDonald pindah ke McDonald Plaza, terletak di Oak Brook, Illinois. McDonald pindah ke fasilitas Oak Brook dari kantor dalam Loop Chicago pada tahun 1971
Iklan Mc Donald selama beberapa dekade mempertahankan kampanye iklan yang luas. Selain media televisi, radio, dan surat kabar, perusahaan melakukan promosi melalui billboard, neon sign, mensponsori acara olahraga mulai dari liga kecil sampai dengan Olimpiade. Meskipun demikian, promosi melalui televisi selalu memainkan peran utama dalam strategi periklanan perusahaan.
Sampai saat ini, Mc Donald telah menggunakan 23 Slogan yang berbeda dalam melakukan promosinya di Amerika Serikat, serta slogan-slogan lain yang dibuat bagi negara-negara dan wilayah tertentu.
Sekelompok antropolog dalam penelitian yang berjudul Golden Arches East melihat dampak McDonald di kawasan Asia Timur, yaitu Hong Kong pada khususnya. Ketika McDonald’s dibuka di Hong Kong pada tahun 1975, McDonald merupakan restoran pertama yang secara konsisten menawarkan toilet bersih, pelayanan drive thru yang membedakannya dengan restoran-restoran lainnya. Dan di Republik Rakyat Cina, McDonald baru-baru ini bermitra dengan Sinopec, perusahaan minyak terbesar kedua di RRC
Strategi Marketing
McDonald tidak tumbuh pesat karena keberuntungan tetapi karena kerja keras dan ide-ide bisnis yang cemerlang. Pada akhir 1970-an, McDonald sedang mencari cara baru untuk menarik pelanggan / customer. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak memiliki pengaruh yang kuat dalam proses pengambilan keputusan restoran.
Hal ini membuat McDonald meluncurkan program Happy Meal. Happy Meal merupakan Meal pertama di dunia – makanan combo untuk anak-anak yang menampilkan mainan gratis
Strategi marketing Happy Meal ini merupakan salah satu keberhasilan terbesar McDonald untuk menarik pelanggannya terutama anak-anak dan keluarga. Strategi pemasaran yang dimiliki McDonald’s memiliki target marketnya adalah anak-¬anak. Anak-anak adalah target market yang potensial terutama di Asia, karena 30-40 persen penduduk benua ini adalah anak-anak. Karena selain anak-anak, maka orang tua dan saudara¬-saudaranya yang lain juga akan ikut makan. McDonald’s memposisikan keluarga sebagai target market mereka.
Dan melalui Happy Meal ini Mc Donald dikenal di situs anak-anak di seluruh dunia. Disini kita melihat bahwa Mc Donald berhasil dalam menganalisis target marketnya
Dan di tahun 1975 McDonald memperkenalkan kepada dunia untuk pertama kalinya McStop atau McDonald drive-thru. Dengan strategi marketingnya ini Mc Donald berhasil meraih sukses didalam sales penjualannya. Dan sampai saat ini sistem penjualan melalui Drive-thru mencapai lebih dari setengah penjualan McDonald sendiri.
Selain itu McDonald juga berhasil mencapai kesepakatan dengan museum seni Perancis , Louvre, untuk membuka restoran McDonald dan McCafe di pintu masuk bawah tanah mereka, pada bulan November 2009.
Memang ada pesaing dari Mc Donald yaitu Burger King yang merupakan restoran hamburger terbesar kedua di dunia. Tetapi dengan kerja keras, dan ide-ide bisnisnya yang cemerlang maka McDonald sampai saat ini tidak terkalahkan. Bahkan saat ini McDonal berhasil membuktikan dirinya sebagai restoran Hamburger terkemuka didunia dan dalam bisnis restoran menempatkannya menjadi the most valuable brand in the world.
Bagaimana Dengan McDonald’s Di Indonesia ?
Pada tanggal 22 Februari 1991 McDonald’s pertama kali hadir di Indonesia, dengan lokasi restoran di Sarinah Thamrin, Jakarta. Di Indonesia Mc Donald’s merupakan pemimpin pasar (market leader) bagi restoran hamburger secara domestic. Saat ini restoran hamburger Mcdonald telah tersebar hampir di semua pulau di Indonesia. Dan sampai dengan akhir tahun 2011 McDonald mendirikan restorannya yang ke 111 di Tegal Jawa Tengah.
Outlet-outlet Mc Donald di Indonesia ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan, seperti di mal-mal, real estate, perkantoran ataupun tempat bisnis dimana ada keramaian. Di Indonesia produk Mc Donald disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pelanggan, seperti adanya penjualan nasi / rice, itu hanya ada di Indonesia. Mc Donald Indonesia juga bekerjasama dengan perusahaan Coca Cola yang ternama di dunia. Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “I’m Loving It” dalam setiap kampanye pemasarannya. Di Indonesia Mc Donald aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak, kegiatan-kegiatan olahraga. Selain itu Mc Donald Indonesia membuat sistem delivery order yang mudah sebagai satu bentuk pelayanan kepada pelanggan dengan menelpon 14045
Visi dari McDonald Indonesia yang sama dengan visi McDonald’s Internasional yaitu “ to be the world’s best quick service restaurant experience “, Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia.
(Debbie Kusuma/IC/BL)
Debbie Kusuma : Praktisi dan Kontributor Folder Marketing di Business Lounge
Foto : openbrief.co

