(Business Lounge – Business Today) – Alibaba berencana untuk menggelar penawaran publik perdana atau IPO di AS dalam beberapa bulan ke depan, dan menargetkan untuk menggalang dana $10 miliar. Menurut sumber, Alibaba mempertimbangkan untuk masuk bursa saham AS setelah perundingan dengan bursa Hong Kong tidak mencapai titik temu.
Alibaba sendiri telah menginjakkan kaki di pasar AS selama beberapa tahun. Alibaba mengelola dua situs khusus AS, pasar online Aliexpress.com dan Alibaba.com, sebuah situs penjualan antar usaha. Pada 2010, Alibaba mencapai kesepakatan untuk menjual produk melalui pasar eBay. Juni ini, Alibaba juga turut mengambil bagian kecil dalam investasi gabungan senilai $170 di Fanatics Inc., yang juga dikuasai oleh induk perusahaan ShopRunner, Kynetic LLC.
Joe Tsai, wakil komisaris eksekutif dan salah satu pendiri Alibaba, dalam sebuah wawancara menyampaikan bahwa pasar AS dalam jangka panjang sangat menarik bagi mereka.
Alibaba Group Holding Ltd. memimpin putaran investasi gabungan terbaru atas ShopRunner Inc., rival utama situs Amazon.com, dengan nilai $260 juta. Ini menjadi salah satu investasi terbesar Alibaba di Amerika Serikat (AS). Raksasa e-commerce Cina itu juga tengah mempersiapkan penawaran saham perdana di bursa New York.
Raksasa e-commerce Cina itu berinvestasi di ShopRunner, situs belanja online yang menawarkan pengiriman dalam dua hari tanpa batas dengan biaya tahunan $79. American Express juga memegang saham kecil di ShopRunner.
Menurut seorang sumber, berdasarkan valuasi perusahaan, nilai pasar ShopRunner saat ini $600 juta. Alibaba sebelumnya sudah pernah menginvestasi $70 juta di ShopRunner. Dalam putaran investasi gabungan kali ini, Alibaba merupakan investor terbesar, namun tidak mengungkap jumlah uang yang dikeluarkan, kata sumber tersebut.
Sebagai bagian dari putaran investasi ini, eBay menjual sahamnya di ShopRunner sebesar 30% dengan keuntungan yang tidak bisa diungkap, kata seorang sumber.
Melalui situs Tmall dan Taobao, Alibaba merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Cina. Tmall merupakan situs toko online yang menjual merek-merek ternama seperti Gap dan Nike. Sementara Taobao menjadi tempat jual-beli yang menggabungkan sekitar tujuh juta penjual barang online. Alibaba mencetak pendapatan sebesar $4,1 miliar pada 2012 atau naik 74% dari setahun sebelumnya, demikian menurut dokumen sekuritas yang diajukan Yahoo, pemegang 24% saham Alibaba.
(Iin Caratri/IC/BL-WSJ)