(Business Lounge – Business Today), Produk Indonesia sekarang ini mulai diakui oleh dunia internasional. Sebut saja seperti sepatu dan sandal, mie instan, makanan olahan seperti ikan dan daging, sparepart kendaraan produksi Indonesia dan juga produk yang terbuat dari kelapa sawit sangat laku di pasaran dunia terutama pasar Afrika.
Pemerintah Indonesia dalam hal ini terus melakukan ekspansi dagangnya untuk terus meningkatkan akan ekspor bisnis barang-barang Indonesia yang sangat diminati oleh pasar dalam negeri negara Afrika selain karena rasa dan juga karena dikenal dengan harga nya yang relatif murah.
“Produk kita lebih murah atau relative belum ada di pasar-pasar Afrika. Sparepartnya iya, mobilnya juga iya. Ekspor otomotif tahun lalu kan pertumbuhannya hampir mencapai 50%. Itu ekspornya ke Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin,” ujar Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan saat berdiskusi dengan media di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.
Pertumbuhan ekonomi yang dialami pemerintah Afrika sangat meningkat dengan tajam. Karena itu pasar Afrika yang termasuk pasar non tradisional akan menjadi sasaran Indonesia untuk meningkatkan angka ekspor Indonesia yang masih rendah.
Afrika merupaka 7 dari 10 negara dimana perekonomiannya yang tumbuhnya paling pesat di dunia dalam satu dekade terakhir itu ada di Afrika. Seperti negara Mozambik salah satu negara yang pertumbuhannya bagus di Afrika.
(rs/IK/bl)