(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ditengah kompetisi yang sangat ketat didunia bisnis pada saat ini, maka diperlukan suatu ide-ide yang cemerlang dalam mengiklankan bisnis atau perusahaan Anda.
Cara yang Kreatif untuk Mengiklankan Bisnis Anda
Pemasaran dan iklan merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu bisnis. Jika Iklan perusahaan Anda sama atau tidak berbeda dengan iklan-iklan perusahaan kompetitor Anda, maka dapat dipastikan bahwa bisnis Anda tidak akan sukses. Creative advertising is more than just a smart art. It has the power to communicate your message in a way words alone cannot.
Dalam prakteknya terdapat beberapa teori strategi kreatif yang sering digunakan untuk menentukan pesan atau tema utama yang diangkat dalam sebuah iklan, sebagai berikut :
Produk Benefit (Feature Oriented)
Kreatifitas pesan iklan berfokus pada penonjolan keistimewaan khusus suatu produk dimana keistimewaan tersebut tidak dimiliki oleh kompetitor lain dan merupakan sesuatu yang dicari-cari, menjadi ciri khas dan dijadikan alasan bagi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Aliran ini dipelopori oleh Rosser Reeves sebagai salah satu tokoh Ted Bates Ad Agency pada dekade 1950-an.
Rosser Reeves menggambarkan strategi pesan yang disebutnya dengan istilah “ Unique Selling Proposition ” atau USP ini dalam tiga komponen yaitu :
– Iklan harus membuat suatu dalil kepada konsumen. Masing-Masing iklan harus berkata kepada konsumen akan manfaat spesifik yang diberikan produk
– Dalil tidak dimiliki atau tidak ditawarkan kompetitor manapun. Dalil harus unik, baik suatu keunikan merek maupun dalil yang tidak dibuat oleh iklan lain. Suatu Dalil Penjualan Unik harus mampu menjawab pertanyaan “Mengapa konsumen membeli produkmu bukan produk pesaingmu ?”
– Dalil harus sangat kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen.
Kunci untuk memelihara fokus USP adalah pengulangan. Reeves menggabungkan USP dan pengulangan pesan untuk keberhasilan iklan yang mampu menggerakkan konsumen
Brand Image Oriented
Merek atau produk diproyeksikan atau dikaitkan pada suatu citra dan kepribadian tertentu melalui kampanye periklanan. Gagasan utamanya adalah agar konsumen dapat menikmati keuntungan secara psikologis dan emosional dari sebuah produk yang digunakan (selain keuntungan fisik yang ada).
Aliran ini dipelopori oleh David Ogilvy dari Ogilvy & Mather pada dekade 1960-an. Latar belakang lahirnya aliran ini karena produk yang ada hampir tidak memiliki keunggulan yang berbeda atau unik, maka diciptakanlah image, citra atau personality tertentu untuk membedakannya dengan catatan tidak mengubah image tersebut dalam kurun waktu yang lama. Acuan penggunaan strategi brand image oriented adalah jika produk bersifat paritas atau produk sejenis yang telah memenuhi pasar dari berbagai merek, sementara merek satu dengan yang lainnya tidak memiliki perbedaan substansial dengan kompetitor.
Iklan-iklan pada masa sekarang umumnya hadir dengan bentuk-bentuk pencitraan dalam rangka untuk membangun sebuah citra merek yang positif dimata konsumen. Bentuk-bentuk pencitraan tersebut merupakan sebuah langkah dari strategi pesan, yang disebut dengan strategi citra merek atau brand image. Dalam strategi citra merek terdapat bentuk strategi lain yaitu strategi differensiasi. Maksudnya adalah sampai di mana produk atau brand tersebut mampu membangun image khusus, unik, atau berbeda pada masyarakat konsumen
Positioning Oriented
Positioning adalah sesuatu yang dilakukan terhadap pikiran, yakni memposisikan atau menempatkan produk pada tangga-tangga atau kotak pikiran calon konsumen (Al Ries & Jack Trout, 2002). Konsep utama dalam strategi periklanan ini adalah berorientasi pada kompetitor, khususnya yang merupakan market leader. Selain itu orientasi positioning juga berdasarkan pada keunggulan atribut, manfaat dan product class atau posisi relatif terhadap competitor.
Pelopor aliran Positioning adalah Jack trout dan Al Ries, menurut kedua tokoh periklanan ini, agar suatu merek mudah diingat oleh konsumen produk harus “dikaitkan” dengan market leader namun tanpa “head on attack” dengan market leader tersebut . Selain berorientasi pada pesaing, positioning harus berorientasi pada target market yang ingin dijangkau.
Karena itu positioning harus membuat produk, jasa atau perusahaan itu dipersepsikan berbeda, tak sekedar beda tapi harus bisa memisahkan diri dari yang lain. Dan yang lebih penting kalau bisa perbedaan itu disukai bahkan ditunggu-tunggu calon konsumen.
Dari ketiga pandangan tersebut di atas, sangatlah jelas bahwa sangat diperlukan ide-ide yang unik dan kreatif untuk mengiklankan bisnis Anda.
Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis Anda. Bisa dengan menggunakan pamflet, spanduk, billboard dan banyak lagi. Banyak perusahaan memiliki budget yang besar untuk beriklan sebanyak yang mereka inginkan.
Mengapa semua pengusaha memakai cara-cara kreatif untuk mengiklankan bisnis mereka ? Itu karena, saat ini pelanggan telah menjadi cerdas dan semakin cerdas. Dan tidak ada pelanggan yang ingin melihat dua kali pada suatu iklan yang membosankan dan sederhana.
Karena itu diperlukan suatu iklan yang unik, berbeda dan menarik dibanding iklan-iklan yang lainnya. Oleh karena itulah pada saat ini iklan dipelajari sebagai suatu subjek yang penting dalam dunis bisnis.
Anda harus menemukan Cara-cara Unik dan Kreatif untuk mengiklankan Bisnis Anda.
1. Temukanlah Sesuatu yang Unik
Jika Anda ingin mengiklankan bisnis Anda dengan kreatif, maka salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencari tahu hal-hal yang unik dari bisnis Anda yang tidak terdapat di pasar dan tidak dimiliki oleh kompetitor Anda.
Anda perlu untuk mencari tahu keunikan tersebut sehingga Anda dapat fokus kepada strategi pemasaran dengan sebuah iklan yang menonjolkan aspek unik dari produk Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka dapat dipastikan, bahwa iklan Anda akan menarik perhatian pelanggan.
Mc Donald’s
Restaurant hamburger Mc Donald’s menawarkan banyak kelebihan dan keunikan dimana Mc Donald’s memiliki produk Happy Meal untuk anak-anak beserta hadiah-hadiahnya yang menarik dan play ground area. Sampai dengan Big Mac, hamburger ukuran besar untuk dewasa.
Iklan sangatlah penting bagi Mc Donald’s. Mc Donald’s mengetahui bagaimana membuat promosi dan iklan yang menarik. Strategi pemasaran yang dimiliki McDonald’s bervariasi dimana target marketnya adalah anak-¬anak. Anak-anak adalah target market yang potensial terutama di Asia, karena 30-40 persen penduduk benua ini adalah anak-anak. Karena selain anak-anak, maka orang tua dan saudara¬-saudaranya yang lain juga akan ikut makan. McDonald’s memposisikan keluarga sebagai target market mereka.
2. Tagline yang Unik
Salah satu cara kreatif untuk mengiklankan bisnis anda adalah dengan memikirkan sebuah tagline yang kreatif dan menarik. Pelanggan bisa bosan dengan skema captioning tua dan slogan lama yang sama. Karena itu Anda harus membuat sesuatu yang berbeda. Buatlah suatu Tagline atau Slogan yang cerdas dan menarik.
VISA ” It’s Everywhere You Want to Be “
Tagline dari Visa USA : ” It’s Everywhere You Want to Be ” Slogan ini ditujukan untuk menyampaikan gagasan bahwa kartu kredit Visa merupakan metode pembayaran yang paling diterima di dunia. Kampanye slogan baru dari Visa disiarkan pada Olimpiade. Dengan mempromosikan bahwa Visa merupakan kartu kredit eksklusif. Hasil dari kampanye Slogan baru Visa melalui siaran televisi nasional, majalah, hight traffic situs Web dan billboards maka dalam jangka waktu selama tiga bulan dan kampanye dari Slogan Visa ini dapat menarik perhatian dari sekitar 4 miliar pemirsa
Teh Botol Sosro “ Apapun makannya, minumnya teh botol Sosro “
The Botol Sosro merupakan satu produk Indonesia yang mampu mengalahkan kekuatan produk Internasional. Produk-produk asing yang dikalahkan adalah produk yang telah memiliki brand image di dunia Internasional. Perlahan tapi pasti produk teh botol sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan “Apapun makannya, minumnya teh botol sosro” di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan
3. Konsep yang berbeda
Salah satu cara terbaik untuk menanamkan perspektif kreatif dalam iklan Anda adalah dengan memikirkan konsep kreatif untuk keseluruhan iklan bagi produk atau jasa tertentu.
Buatlah suatu konsep yang benar-benar berbeda dari semua iklan lainnya yang telah kita lihat selama ini. Jangan hanya memikirkan satu iklan, tetapi pikirkan dari kampanye iklan secara keseluruhan.
Iklan Kamera Nikon
Menggunakan billboard berukuran besar dan bergambar paparazzi dengan kamera Nikon berkedip-kedip memotret orang yang berjalan di sepanjang sisi jalan.
Iklan Discovery Channel
Iklan billboard dimana papan selancar dipotong sedemikian rupa, ternyata hiu telah menggigit bagian dari papan itu. Iklan ini adalah untuk promosi mereka “ Shark “ ( ikan hiu ). Ketika orang pergi untuk mengambil papan, mereka melihat iklan.
Iklan Audi
Dengan menggunakan poster, terlihat salah satu mobil Audi diparkir di garasi. Sepertinya parkir terbuka dengan Audi diparkir, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi.
4. Promosi yang menarik
Jika Anda ingin mengiklankan bisnis Anda secara cerdas dan kreatif, maka ada satu hal yang perlu Anda lakukan. Setiap kali Anda mengiklankan bisnis, Anda harus menunjukkan bahwa Anda menawarkan sesuatu produk yang sangat menguntungkan kepada pelanggan. Pelanggan saat ini sudah bosan dengan penawaran diskon yang kadangkala cukup bombabtis kelihatannya, seperti Diskon 90 % dan sebagainya. Anda harus masuk dengan beberapa tawaran yang berbeda yang benar-benar menguntungkan bagi pelanggan Anda.
Coca Cola
Salah satu seni periklanan yang paling menarik dan populer sepanjang masa adalah iklan Coca Cola. Iklan Coca Cola pada media cetak dan promosi elektronik merupakan ikan yang paling menarik yang pernah dibuat. Perusahaan Coca-Cola telah memakai jasa dari beberapa seniman dan illustrator papan atas dalam membuat iklan mereka seperti Norman Rockwell, Jim Harrison, dll
Sejak tahun 1930, cetakan lama dari Coca Cola masuk di National Geografi setiap bulannya, sedang iklan Coca Cola Santa akan muncul di bulan Desember. Coca Cola memakai strategi dengan menampilkan “ gaya hidup keluarga Amerika ”
Beberapa koleksi yang populer dari Coca cola seperti baki, jam, lampu, mesin penjual dan pendingin, gelas minum bahkan piring. Dan ada banyak pilihan yang lain termasuk wallpaper dan mebel.
Para pelanggan suka mengkoleksi dan menyimpan mainan promosi dari coca cola selama bertahun-tahun. Dan koleksi ini dinikmati oleh para kolektor dari berbagai usia. Beberapa item yang sangat diinginkan adalah permainan meja, gambar teka-teki, album, boneka hewan, miniatur botol Coca Cola, dan lain-lain. Jika Anda mengenal seseorang yang mengkoleksi produk promosi dari Coca Cola, ini akan menjadikan Coca Cola semakin popular dimana-mana dan dari masa ke masa.
5. Jejaring Sosial
Cara lain dari iklan bisnis yang kreatif adalah dengan menggunakan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter. Pada awalnya, semua perusahaan meremehkan efektivitas situs web ini . Tetapi pada hari ini, beberapa merek terkenal didunia memakai cara promosi mereka melalui jejaring sosial ini. Perusahaan-perusahaan terkenal menggunakan Facebook ataupun Twitter untuk mempromosikan Diskon yang mereka tawarkan. Buatlah homepage perusahaan Anda pada kedua situs ini dan terus melakukan update dengan beberapa cara yang berbeda dan unik. Jangan lupa untuk memberikan hadiah-hadiah yang menarik !
Starbucks :
Starbucks gencar melakukan kampanye baru di dunia maya. Mulai dari Twitter, Facebook, YouTube, ia gandeng demi merangkul lebih banyak orang dibanding lewat media tradisional.
Strategi pemasaran yang terbilang unik pun mereka lakukan, salah satunya adalah dengan perlombaan di Twitter. Starbucks memanfaatkan kekuatan situs jejaring dengan memberikan tantangan pada orang-orang untuk menjadi yang pertama memposting foto poster Starbucks di Twitter. Starbucks yakin, lewat media online, selain budget yang mereka keluarkan bisa ditekan, merekapun bisa menjaring jumlah orang yang lebih banyak.
“Inilah perbedaan antara perilisan dengan dana jutaan dollar versus jutaan fans,” begitu ungkap Mr. Bruzzo dari Starbucks, jaringan kedai kopi yang telah mendunia ini.
Tak hanya Twitter, situs video YouTube juga dimanfaatkan untuk promosi. Promosi ini dikemas dalam bentuk kontes foto bagi pekerjanya.
Ternyata, kontes foto yang dilakukan Facebook terinspirasi dari apa yang dilakukan orang-orang melalui Facebook dan Twitter. Setiap tahunnya orang-orang berlomba melakukan posting foto pertama dari toko Starbucks yang didekor bernuansa merah saat liburan. Begitu juga di Flickr, mereka berlomba memamerkan foto beberapa foto toko Starbucks dalam shot yang sama. Starbucks optimistis kampanye tersebut akan didukung oleh 1,5 juta fans Facebook dan 183.000 follower di Twitter
Sekarang Anda tahu cara-cara kreatif untuk mengiklankan bisnis Anda. Anda bisa segera memulainya. Ingatlah cara-cara kreatif seperti diatas. Anda tidak perlu memanipulasi pelanggan Anda. Anda hanya perlu melakukan beberapa strategi pemasaran dan membuat suatu iklan yang menarik dan cerdas. Dan pastikanlah bahwa iklan Anda lahir dari satu ide yang cemerlang dan berbeda dari yang lain. Ingatlah akan beberapa teori yang mendasar dalam kita menentukan pesan atau tema uatama dalam iklan kita.
And Creative advertising is more than just a smart art. It has the power to communicate your message in a way words alone cannot. Kekuatan iklan yang menarik adalah seperti sebuah Bom ditangan anda. Sebuah Bom memiliki kekuatan untuk meledak kapan dia diluncurkan dan memberikan dampak yang besar. That’s the power of creative advertising.
(Debbie Kusuma & Endah Caratri/AA/TML)