(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda tapi terasa mentok, sebenarnya ada cara ampuh yang bisa dilakukan, yaitu masuk ke komunitas. Mungkin Anda berpikir, hmmm…komunitas apa yang harus saya masuki? Dan sebenarnya seberapa besar dampaknya bagi keberhasilan perusahaan?
Sebenarnya, saya ingin memberitahu bahwa dampaknya sungguh besar bagi pemasaran produk atau jasa Anda. Coba saja jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda dengan satu-persatu, ya memang ada kemungkinan besar juga untuk berhasil, tetapi memasuki komunitas memang tidak salah juga asalkan Anda tahu komunitas apa yang ingin Anda masuki.
Keuntungan pemasaran dalam jika Anda berada dalam komunitas cukup beragam, antara lain :
Anda akan lebih mudah dalam melakukan prospek
Ketika Anda melakukan prospek kepada orang di dalam komunitas, maka akan lebih mudah untuk mendorong mereka menggunakan produk atau jasa kita, karena mereka sudah mengenal kita dengan baik sebagai salah satu anggota dari komunitas mereka. Bahkan, jika Anda menawarkan jasa seperti outbond, perhotelan, dan sebagainya, hal tersebut akan lebih mudah bagi Anda untuk menawarkan agar jasa Anda masuk ke dalam agenda komunitas mereka, sehingga Anda sudah memiliki prospek yang pasti untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Suasana dalam penawaran produk atau jasa akan lebih fun dan ringan
Jika Anda adalah seorang salesperson sejati, Anda pasti tahu dengan jelas bagaimana proses penawaran kepada calon prospekan. Mulai dari proses perkenalan, ice breaking, penjelasan tentang produk, dan juga berbagai rentetan proses formal lainnya yang harus Anda lalui hingga mencapai closing. Soal gaya dan suasana, sudah pasti harus formal dan tidak bisa semau kita karena calon prospekan akan sangat menangkap kesan pertama yang kita timbulkan. Tetapi, beda halnya jika kita menawarkan produk atau jasa kepada orang yang berada di dalam komunitas kita. Biasanya, ketika kita memasuki dan menjadi anggota suatu komunitas, maka Anda satu sama lain sudah menjadi akrab dan bahkan ketika Anda menawarkan produk atau jasa Anda, tidak perlu melalui proses formal dan rentetan yang panjang sampai closing, melainkan Anda bisa menawarkan dalam suasana yang fun dan ringan diantara pembicaraan santai dalam komunitas.
Kemungkinan kepercayaan kepada produk atau jasa Anda biasanya akan lebih besar
Kalau belum melihat barang atau jasa secara langsung, memang kadang orang tidak mau langsung untuk membeli. Apalagi jika ia baru saja bertemu dan berkenalan dengan Anda dalam hitungan menit. Tetapi, jika Anda berada di dalam suatu komunitas dan Anda tergabung di dalamnya, maka kemungkinan orang di dalam komunitas itu untuk percaya kepada produk atau jasa Anda akan lebih besar. Dan ingat, ketika mereka sudah mempercayai Anda, maka kemungkinan untuk closing akan semakin mudah bagi Anda.
Tidak diperlukan proses negosiasi yang memakan waktu lama
Proses negosiasi merupakan proses yang penting di dalam pemasaran. Ketika Anda bernegosiasi dengan calon prospekan untuk mencapai closing, ada kalanya itu merupakan suatu hal yang sulit bagi Anda. Namun, jika Anda sudah berada di komunitas dan terdaftar di dalamnya, apalagi jika Anda adalah anggota yang aktif dan dikenal luas, maka tidak diperlukan proses negosiasi yang panjang untuk mencapai closing yang diharapkan. Karena Anda adalah bagian dari mereka, lebih mudah Anda untuk mencapai kepercayaan mereka dan juga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan prospek dan negosiasi sampai produk atau jasa yang Anda pasarkan mencapai closing.
(Fanya Jodie/AA/TML)