Fitur Email yang Efektif

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Email menjadi salah satu perangkat pemasaran seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan e-commerce. Dalam memasarkan barang dan jasa melalui email, perlu kiat-kiat tersendiri supaya menjadi efektif.

Supaya sebuah program email menjadi perangkat yang efektif, maka setidaknya harus memenuhi fitur sebagai berikut:

1. Preferensi

Email yang bagus sebaiknya memberikan pilihan bagi penerimanya. Penerima bisa menyaring informasi dan preferensi dari isi email yang akan diterimanya. Misalnya dalam penawaran produk, penerima email bisa memilih jenis-jenis produk apa yang ingin ia terima emailnya.

2. Pesan yang menarik

Pengunjung situs Anda yang melakukan browsing belum tentu melakukan pembelian. Oleh karena itu, mungkin Anda ingin mencoba untuk mengirim pesan melalui email yang isinya menarik dan berisikan barang dan jasa dari Anda yang paling populer. Atau, mungkin Anda bisa mencoba teknik cross-selling. Masing-masing dari teknik ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Anda.

3. Segmentasi

Seperti halnya aktivitas pemasaran pada umumnya, memasarkan barang/jasa melalui media email juga memerlukan segmentasi yang tepat supaya hasilnya sukses. Beebrapa elemen umum yang biasa digunakan untuk segmentasi antara lain adalah letak geografis, jenis kelamin, perilaku pembelian di masa lalu, hingga interest.

4. Social networking

Blog dan social network kini sedang hangat dibicarakan. Manfaatnya memang belum tentu tepat bagi semua orang, namun makin banyak pemasar yang bereksperimen dengan cara-cara untuk meningkatkan interaksi dan pengalaman user di dalam situs mereka. Email merupakan salah satu cara paling baik untuk mempromosikan fitur baru yang Anda tawarkan.

(Rinella Putri/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x