(The Manager’s Lounge – Quality) Melalui tingkat penjualan tahunan sebesar $76 miliar, 138,000 pekerja dan beroperasi di lebih dari 80 negara, Procter & Gamble sebuah perusahaan consumer good terbesar tumbuh menjadi proporsi yang cukup signifikan bagi perekonomian. Melalui lebih dari 300 brand yang dijual secara global, dari Gillette dan Crest sampai dengan Scope dan Swiffer, 22 diantaranya menghasilkan lebih dari $1 milyar pada pendapatan tahunan.
Apa yang menjadi kesuksesan P&G yang tidak tercerminkan pada neraca saldo dan figur yang mana menjadi merek yang tepat bagi produk baru? Apa rahasia suksesnya yang digunakan P&G guna mengukur dan mengoptimalisasi segalanya? Berikut ini akan menjelaskan salah satu rahasia P&G dalam membangun kesuksesan.
Tiga dekade yang lalu, P&G data analysts memprogramkan simplistic queries. Glenn Wegryn, associate director of product supply analytics melakukan program revolusi data. Berikut ini adalah beberapa aplikasi riset operasi yang dikembangkan oleh P&G:
a. Branding produk baru
Beberapa tahun yang lalu, Wegryn menggunakan teknik analisis keputusan untuk membantu para manajer menentukan penggunaan Crest sebagai brand pada Crest White Strips. Hal ini merupakan keputusan yang sangat kompleks karena kategori pemutih gigi adalah suatu hal yang baru sehingga sebuah brand yang berdiri sendiri sangat sulit. Wegryn mengatakan bahwa proses yang terjadi melibatkan evaluasi opsi, menganalisis ketidakpastian dan melakukan analisis keputusan yang terbaik.
b. Sumber material
Setiap produk pada P&G membutuhkan material yang didapatkan dari bermacam sumber di dunia. Wegryn’s team menganalisis sumber yang paling optimal pada setiap produk.
c. Perdagangan dan keuangan internasional
P&G beroperasi di 86 negara menghadapi tantangan logistic dan keuangan. P&G juga menghadapi risiko no;ao tukar. Wegryn’s group memasuki sebuah software yang membantu memprediksi nilai tukar yang optimal dan mengizinkan plant manager untuk memindahkan operasi mereka. Wegryn menjelaskan berdasarkan tingkat pertukaran akan menyesuaikan dimana memproduksi dan sumber produk. Ini bukanlah penyesuaian massif tetapi penyesuaian untuk meminimalisasi tekanan dan maksimalisasi profit.
d. Inventory management
Inventory management penting bagi keseluruhan efisiensi. Seberapa banyak inventory yang dibutuhkan adalah pertanyaan simple yang sangat sulit dijawab. Menggunakan riset operasi, inventory perusahaan menjadi lebih dinamis.
e. Design organisasi
Wegryn mendesign riset operasi tidak hanya bagi masalah stratejik tetapi juga tantangan manajemen internal. Wegryn mengembangkan model simulasi yang sebuah perusahaan.
Demikianlah beberapa rahasia P&G dalam membangun kesuksesan bisnis yang dibangunnya. Bagaimana? Anda tertarik mengaplikasikan pada perusahaan Anda?