(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Pasar Indonesia berbeda dengan pasar di luar negeri pada umumnya, karena konsumen di negara kita termasuk konsumen yang unik. Konsumen Indonesia memiliki Attitude, Behaviour dan Lifestyle yang unik. Dimana Negara kita terdiri dari berbagai budaya, suku dan bahasa yang beragam, memiliki kelompok sosial yang kuat sehingga produk yang di rekomendasi oleh kelompok itu akan berhasil, dan berbagai faktor-faktor lainnya. Untuk itu suatu perusahaan jika ingin sukses di dalam negeri harus memperhatikan positioning produk, strategi harga, strategi promosi dan komunikasi yang tepat.
Produk-produk elektronik unggulan Polytron antara lain Micro HiFi dengan Bluetooth & DTIB serta DVD Theater in Box untuk kategori audio/radio. LCDTV123, TV Dignity (TV Digital pertama di Indonesia) dan TV L-SIDI U Slim Multimedia adalah produk unggulan untuk jajaran video. Produk home appliance sseperti lemari es IsoCool Twist, AC Inverter 310 watt, atau AC LogiCool Low Energy yang bisa mengusir bakteri, virus, dan jamur atau bau tak sedap. Polytron juga memiliki jajaran mesin cuci seperti mesin cuci langsung kering dan mesin cuci less detergent yang ramah lingkungan.
Strategi Marketing Polytron : “ Bagi-bagi Hadiah “
Berbagai cara dilakukan Polytron untuk meningkatkan penjualan dan meraih konsumen. Polytron berusaha menarik konsumen dengan ribuan hadiah setiap kali mereka membeli alat pemutar DVD. Strategi lama ini tetap membutuhkan cara yang tepat agar tidak merusak citranya. Para produsen elektronik, khususnya DVD, terus berlomba untuk meningkatkan penjualan. Mereka gencar menggelar berbagai strategi untuk menguasai market.
Polytron menggelar program “DVD player Bagi-bagi Hadiah”. Setiap pembeli DVD player Polytron akan mendapatkan kupon hadiah. Kupon bisa langsung digosok di tempat. Jika pembeli beruntung, hadiah bisa langsung dibawa pulang. Untuk itu Polytron telah menyediakan ribuan hadiah. Mulai dari LCD TV 24 inci, TV 21 inci, serepangkat home theatre, mesin cuci, lemari es, pemutar DVD, dan lainnya.
Meskipun tampaknya program ini sangat umum, manajemen Polytron sanggup membuktikan bahwa program promosi ini masih ampuh dalam meningkatkan penjualannya. Program ini merupakan wujud apresiasi kepada konsumen, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan penjualan, menurut Santo Kadarusman, Public Relation and Marketing Event ManagerPolytron.
Menurut data Growth from Knowledge, antara periode Januari hingga Agustus 2010, di antara tiga besar produsen pemutar DVD, Polytron masih menjadi pemimpin pasar dengan pangsa pasar 19%. Sedangkan di posisi kedua ada LG dengan pangsa pasar 17% dan Vitron di posisi ketiga dengan penguasaan pasar 9%.
Program “ bagi-bagi hadiah “ seperti yang dilakukan Polytron sudah dilakukan berbagai perusahaan sejak 50 tahun yang lalu. Dan program ini masih cukup ampuh untuk menjaring pelanggan dan meningkatkan penjualan. Tetapi jika tidak dikomunikasikan dengan baik, maka program “ bagi-bagi hadiah ” tidak akan mencapai target. Tidak hanya target penjualan yang bisa meleset, tetapi juga turunnya citra dari brand tersebut. Jadi meskipun berpromosi dengan program ‘ bagi-bagi hadiah ‘, harus tetap menunjukkan produk itu adalah produk berkwalitas, bukan karena barang hadiah adalah barang yang tidak laku.
Karena itu, komunikasi dalam promosi menjadi satu hal yang penting. Tanpa komunikasi, akan sulit untuk mencapai target . Dan biaya mengkomunikasikan / mengiklankan suatu program promosi ini sangat besar. Bahkan, bisa lebih besar dibanding hadiah yang diberikan. Media komunikasi tidak selalu televisi ataupun media cetak., pesan pendek (SMS) hingga jejaring social dapat digunakan sebagai media komunikasi.
Polytron Memasuki Pasar Eropa
Sekarang, Polytron sudah mengekspor produknya ke Eropa, walau harus merubah bendera supaya diterima pasar lokal Eropa. Untuk market di Jerman mereka hanya mau menerima produk Polytron kalau labelnya diganti dahulu, meski barangnya sebenarnya 100% complete built-up dari pabrik Polytron di Kudus. Dengan mengganti mereknya menjadi Cancer atau Condor.
Kita patut untuk bangga dengan kesuksesan dari Polytron yang merupakan produk buatan Indonesia. Demikianlah slogan dari perusahaan elektronik terkemuka di Indonesia, “ Polytron Memang Canggih “.
(Debbie Kusuma/AA/TML)