5T dalam Aktivitas Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dunia pemasaran tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah 4P, yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion. Atau bahkan 3C yang terdiri dari Customer, Competitor, Corporation. Namun perkembangan kini menjadikan marketing operations sebagai fondasi dari fungsi pemasaran.

Marketing operation adalah satu-satunya fungsi yang mengelola pemasaran dari perspektif awal hingga akhir. Fungsi pemasaran seperti PR, product marketing dan regional marketing hanyalah bagian kecil dari marketing operation.

Terdiri dari apa sajakah marketing operations? Marketing operations, menurut artikel dari Adrian Carol adalah perkembangan dari dimensi marketing mix. Adanya marketing operation bakal memberikan pendekatan yang terintegrasikan pemasaran secara global:

5T dari Marketing Operation antara lain adalah:

1. Total Strategy
Total strategy mencakup pengembangan strategi dari portfolio produk Anda. Bukan hal yang aneh jika perusahaan besar punya puluhan produk dalam portfolio mereka, bahkan ratusan.

Tiap produk tentunya punya pengembangan strategi yang paling efektif. Perusahaan juga harus memahami elemen penting yang dibutuhkan pada tiap rencananya untuk memenangkan persaingan. Termasuk bagaimana investasi untuk meraih pangsa pasar dan mengelola pelanggan.

2. Techniques and Processes
Tahap ini mencakup bagaimana proses marketing dilakukan ke depannya. Tahap ini terdiri antara lain:
• Perencanaan dan evaluasi keuangan
• Alokasi anggaran
• Bagaimana berinteraksi dengan pelanggan secara optimal
• Standar dan criteria untuk mengevaluasi aktivitas pemasaran
• dll

3. Tracking and Predictive Modeling
Aktivitas pemasaran tentunya perlu modeling untuk melakukan peramalan di masa depan. Tentukan modeling yang tepat untuk mengukur efektivitas pemasaran Anda dan kepentingan peramalan di masa depan. Bagaimana Anda bisa melakukan prediksi dengan lebih baik? Mungkin Anda bisa menentukan indicator yang lebih tepat? Ini sangat penting bagi aktivitas pemasaran Anda

4. Technology (Teknologi)
Teknologi tentunya bisa membantu aktivitas pemasaran. Bagaimana Anda mengimplementasikannya supaya efektif dalam mengelola pelanggan dan permintaan? Lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi dalam teknologi? Teknologi yang umum digunakan antara lain adalah:
1. internet/ web commerce
2. database pelanggan
3. forum online bagi pelanggan
4. software analisa pemasaran
5. database riset pemasaran, dll

5. Talent (SDM)
Pastikan bahwa SDM yang Anda miliki dilatih dengan baik untuk bekerja dengan proses dan teknologi baru. Jelaskan bagaimana peran dan tanggung jawab tiap individu dalam aktivitas ini. Kemudian bagaimana strategi pelatihan yang mendukung aktivitas pemasaran Anda.
5T, meskipun merupakan fondasi, namun punya dampak signifikan terhadap hubungan dengan pelanggan. Misalnya, dengan mengimplementasikan teknologi yang terintegrasi dengan permintaan dan database pelanggan, maka aktivitas pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Lalu dengan mengukur kesuksesan aktivitas pemasaran tersebut, maka perusahaan akan bisa melakukan costumer targeting lebih baik dan ROI juga lebih baik.
Untuk mengimplementasikan 5T secara lengkap mungkin butuh waktu bertahun-tahun, namun ini sangat penting bagi fungsi pemasaran. Karena 5T membantu perusahaan dalam memperoleh kesempatan dan menyelesaikan tantangan yang dihadapinya. (RP)

 

 

(Vibiz Consulting/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x