(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Setiap perusahaan jenis apapun pastinya membutuhkan usaha untuk memasarkan produk atau jasanya. Sebuah perusahaan konsultan, untuk mendapatkan banyak klien, tentu didalamnya ada usaha untuk menawarkan jasa konsultasinya. Perusahaan jasa kurir, perusahaan kue sampai perusahaan provider dan telekomunikasi, semuanya memerlukan usaha marketing.
Dalam sebuah perjalanan, saya melihat rumah makan yang sangat ramai pengunjungnya. Rumah makan itu sebenarnya sederhana saja, menu makanannya pun tidak ada yang special. Namun pengunjungya rata-rata bermobil dan datangnya dari tempat-tempat yang cukup jauh.Ternyata para pengunjung tersebut datang karena telah mendengar kabar tentang betapa nikmatnya makanan di rumah makan itu.
Dalam suatu laporan hasil presentasi ke sebuah perusahaan provider internet, atasan saya menjelaskan bahwa itu sebuah perusahaan yang bonafit. Dan sejak saat itulah saya tahu kalau perusahaan provider internet tersebut adalah bonafit, sekalipun tetap saja saya tidak mengerti sebagus apa jasa layanan perusahaan tersebut.
Bagaimana sebuah perusahaan dapat terus survive ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat? Bahkan bisa meningkatkan penjualan diantara para competitor?
Salah satu cara yang cukup efektif namun paling murah adalah dengan memanfaatkan setiap klien atau pelanggan setia Anda. Mereka adalah salah satu senjata yang cukup ampuh untuk membantu memasarkan produk/jasa perusahaan Anda.
Setiap klien/pelangganan memiliki komunitas masing-masing. Komunitas baik ibu-ibu arisan, klub golf, klub pengendara motor tertentu, dll. Biasanya referensi dari salah satu member bisa mempengaruhi member lain dari komunitasnya. Dan seringkali terbukti sangat ampuh untuk membawa banyak klien-klien baru dari komunitas tersebut.
Ingin segera mendapat klien-klien baru dan setia? Kalau begitu perhatikanlah klien/pelanggan setia Anda, maka Anda akan mendapat keuntungan berlipat daripadanya!
(Natalina B/AA/TML)