Menjadikan Packaging Sarana Meningkatkan Penjualan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Barang bagus harga murah, pasti semua mau memilikinya. Disertai dengan keuntungan-keuntungan yang dimiliki barang tersebut. Tapi siapa yang akan tahu kalau barang tersebut memiliki itu semua, sehingga layak untuk dibeli atau dicoba. Bagaimana memikat para pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Promosi dapat menjadi satu cara untuk meningkatkan penjualan. Bermacam-macam bentuk promosi dilakukan, baik melalui media cetak, elektronik dan jenis promosi yang lain. Tapi bagaimana dengan industry kecil yang memiliki dana terbatas, sehingga tidak dapat melakukan promosi secara besar-besaran.

Kemasan atau packaging dapat dipakai untuk meningkatkan penjualan. Penampilan awal akan memberikan  kesan pertama pada konsumen. Bagaimanakah kita dapat memberika kesan “menarik” sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Kita sering mendengar istilah “eye catching”. Dapat diartikan menarik secara visual. Ketika kita melihat pertama kali maka ada kesan tertarik untuk melihat dan selanjutnya membeli.

Suatu hari ketika saya ke minimarket hendak membeli air mineral ukuran 1 liter. Saya mendapati begitu banyak merek dari air mineral. Ada merek terkenal yang lebih banyak dibeli konsumen. Tetapi saya lebih tertarik dengan satu air mineral dengan kemasan yang memiliki pegangan diatasnya. Sehingga lebih mudah untuk membawanya. Sebab 1 liter bukan merupakan ukuran yang ringan untuk dibawa. Dengan adanya tambahan pegangan diatas pada kemasan tersebut, membuat kemasan lebih menarik. Lain lagi dengan produk yang kemasannya dapat digunakan kembali misalnya dapat dijadikan sebagai tempat bumbu dapur atau kegunaan yang lainnya.

Lain halnya dengan kemasan cokelat dengan bentuk atau gambar boneka yang sangat disukai oleh anak-anak, dilengkapi dengan warna-warna yang ceria. Anak-anak tidak mengetahui seperti apa cokelat yang ada di dalamnya atau apa yang tertulis pada kemasannya, tetapi apa yang membuat mereka tertarik, kemasan yang lucu, ceria, unik sehingga mendorong mereka untuk meminta membelikannya kepada orang tua mereka.

Pentingnya untuk membuat kemasan menjadi semenarik mungkin. Mungkin isi di dalamnya tidak jauh berbeda dengan produk sejenis yang lainnya. Tetapi bagaimana kita menonjolkan keistimewaan dari produk yang kita tawarkan dengan membuat kemasan yang ada semenarik mungkin. Menarik bukan hanya dari segi warna, informasi yang lengkap atau promosi apapun yang ditempatkan pada packaging produk tersebut. Tetapi bagaimana membuat kesan pertama yang menarik konsumen untuk mau mengetahuinya lebih jauh, sebelum memutuskan untuk membeli. Pembuatan packaging yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan yang tentu saja dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.

(Mevy Sinambela/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x