(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Siapapun Anda dan apapun bentuk jualan Anda, maka sebagai seorang sales marketing adalah penting untuk pertama-tama menetapkan target penjualan Anda dan memikirkan strategi penjualan yang tepat untuk mencapai target tersebut.
Dunia sales marketing sangat menantang, dan harus dihadapi dengan mental yang tangguh serta kecerdikan menyusun strategi berjualan.
Berikut catatan singkat mengenai tips bagaimana meraih keberhasilan dalam penjualan:
1. Sangat penting untuk memiliki mental menyerang dan aktif, tentukan target yang jelas dan detail bagi penjualan Anda. Jika Anda memiliki tim maka buatlah beberapa pertemuan untuk membahas target tersebut hingga memiliki kesepakatan bersama untuk meraihnya.
– Buatlah target yang realistis. Adalah penting untuk mengenali sejauh mana bisa mencapai target tersebut, sehingga tidak terlalu berlebihan. Pastikan target Anda cukup realistis sehingga Anda yakin dapat meraih komisi. Pastikan tidak memberikan tekanan yang membuat tidak nyaman dan yakin untuk meraih target. Hanya dengan perencanaan dan strategi yang tepat maka tidak akan menimbulkan tekanan.
– Lakukan pembagian target Anda hingga yang paling rendah. Misalnya target penjualan Anda adalah 400 juta Rupiah per bulan, menjadi 100 juta Rupiah per minggu, dan sekitar 1,6 juta per hari dan 130 ribu Rupiah per jam (12 jam kerja) atau 67 ribu per jam (24 jam per hari). Dengan demikian daripada membuat Anda tertekan dengan target yang begitu tinggi maka Anda bisa fokus pada target Rp. 1,6 juta per hari.
2. Sangat penting untuk rajin melakukan perencanaan setiap hari, minggu dan bulan. Rencanakan apa yang akan Anda raih dan kapan. Rancangkan siapa yang akan meraih target Anda dan tehnik-tehnik marketing apa yang diperlukan untuk melakukannya. Merencanakan strategi penjualan adalah hal mendasar untuk sukses mencapai target penjualan.
3. Diskusikan strategi penjualan Anda:
– Tentukan siapakah target market customer Anda? Tujuan mendasar dari suatu penjualan adalah menciptakan dan meningkatkan permintaan bagi suatu produk atau layanan. Rahasia nomer satu adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi pelanggan yang paling menguntungkan. 80% dari usaha dan budget Anda secara spesifik harus ditargetkan pada kelompok pelanggan ini.
– Ke manakah para target customer kita berkumpul? Ingatlah selalu bahwa target customer Anda tergabung dalam komunitas tertentu di mana orang-orang sekelas-nya biasa berkumpul di tempat-tempat tertentu. Tandai tempat –tempat di mana para target customer ini berkumpul dan arahkan 80% dari budget dan usaha promosi Anda ke tempat-tempat spesifik ini.
-Milikilah penawaran yang bisa “bertahan lama”. Hal ini dibutuhkan karena penjualan berbicara mengenai bagaimana menarik pelanggan pada produk kita, sehingga harus diperoleh penawaran yang berbeda.
Beberapa faktor yang membuat bertahan lama :
(1) Tawarkan sesuatu dengan gratis. Orang suka mendapatkan sesuatu secara gratis. Jika Anda memberikan sesuatu bernilai tanpa harus membayar, maka Anda menarik kelaparan para target customer dan lebih banyak prospek lainnya. Penawaran gratis sebaiknya diperhitungkan dalam dana marketing Anda.
(2) Buang semua resiko. Para pelanggan prospektif bisa saja takut memesan karena takut salah mengambil keputusan. Buanglah semua ketakutan mereka dengan membuat semua pesanan bebas resiko dan sepenuhnya bisa diganti dalam batas waktu 60 hari atau lebih.
(3) Tawarkan keyakinan. Tingkatkan keyakinan pelanggan dengan memperoleh minimal 3 orang yang sesuai dengan deskripsi target customer untuk memberikan review produk Anda secara positif.
(4) Buat serba simple dan praktis. Buatlah sesuatu yang sangat mudah dan praktis bagi para customer untuk menanyakan dan membeli produk. Jadilah mudah diakses baik melalui telepon, email, pos, walk-in dsb selama 24 jam sehari tanpa harus antri. Terimalah semua bentuk pembayaran baik secara online ataupun off line. Taruhlah 2 produk yang mirip di satu iklan promo. Pastikan ada perbedaan harga yang besar di antara keduanya yang mudah dikenali para customer untuk membedakan unggulan-unggulannya.
(5) Ciptakan sense of urgency, sesuatu yang mendesak, karena kebanyakan orang terdorong untuk melakukan sesuatu hanya saat mereka merasakan ada sesuatu yang penting dan mendesak. Ingatlah untuk mengakhiri pesan marketing Anda dengan kalimat-kalimat seperti ini:
“Pesan sekarang juga, penawaran ini berakhir pada…”
“Penawaran ini khusus bagi 99 pelanggan pertama, silahkan segera menghubungi kami… “
“Harga segera akan dinaikkan, silahkan segera menghubungi kami dan memesan hari ini…”
4. Setelah menemukan target penjualan, maka segeralah mengeksekusi semua strategi yang telah disepakati, dengan tekad bulat untuk meraih target yang telah dicanangkan.
5. Biasakan selalu mengevaluasi dan bertanya pada diri Anda apa yang Anda perlukan untuk mencapai target Anda setiap hari.
6. Milikilah keyakinan akan diri Anda sendiri bahwa Anda adalah seorang sales yang berhasil dan pasti sanggup untuk mencapai target penjualan Anda. Pikirkanlah selalu yang positif sehingga tertanam poin-poin berikut:
• Saya adalah sales terbaik untuk bisnis ini
• Saya mampu mencapai target saya dengan mudah setiap hari
• Saya akan berada di jajaran 5 sales terbaik bulan ini
• Saya bisa dan saya akan!!
Semoga tips ini bisa menambahkan semangat Anda mendorong Anda untuk meraih target Anda.
Sukses menyertai Anda.
(Dyah M Nugrahani/AA/TML)