Toyota Berencana Investasi Rp 13 Triliun dalam 5 Tahun di Indonesia

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Perusahaan kelompok Toyota berencana untuk meningkatkan investasinya di Indonesia (12/11). Perusahaan ini menyatakan bahwa untuk lima tahun ke depan mereka akan menanamkan sekitar Rp13 triliun di Indonesia, sementara itu hingga tahun 2020 nilai investasi yang direncanakan akan mencapai Rp26 triliun.

Presdir Toyota Akio Toyoda menyatakan dalam konferensi pers bahwa langkah yang diambil Toyota ini menunjukkan sebuah komitmen bisnis di Indonesia. Investasi ini nantinya tidak hanya akan berdampak kepada industri otomotif tapi juga industri secara umum.

Presiden SBY menanggapi positif rencana investasi yang dikabarkan oleh perusahaan brand mobil terbesar di Jepang ini. Investasi di Indonesia akan melibatkan enam perusahaan di dalam Toyota Group, yaitu TMC, Toyota Auto Body, Toyota Tsusho, Aisin Seiki, Denso dan Daihatsu.

Presiden PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan Danusasmita menyatakan bahwa investasi ini akan menyerap 41,000 tenaga kerja, yang akan dipekerjakan di enam perusahaan yang terkait rencana investasi ini.

Untuk mendukung rencana investasi ini PT Toyota Astra Motor telah membeli lahan seluas 150 ha di Karawang, Jawa Barat. Lahan ini akan digunakan sebagai lokasi pendirian pabrik mesin yang diperkirakan akan mulai beroperasi di tahun 2013 mendatang.

Pabrik milik Toyota ini ditargetkan mampu mencapai kapasitas produksi sebesar 110,000 per tahun pada tahun ini. Untuk tahun 2013 ditargetkan kapasitas produksi akan meningkat menjadi 130,000, dan dalam jangka waktu lima tahun diharapkan kapasitas produksi mampu mencapai angka 250,000 unit per tahun.

Investasi di Indonesia Dinilai Mampu Meningkatkan Pasar Toyota di Dalam Negeri

Sebagai perusahaan global tentunya Toyota tidak dapat lepas dari persaingan di antara perusahaan-perusahaan otomotif kelas dunia lainnya seperti Tata dan BMW yang melakukan langkah-langkah agresif untuk meningkatkan investasi dan penetrasi ke pasar.

Rencana ekspansi Toyota ke Indonesia ini tidak lepas dari fakta bahwa negara ini merupakan salah satu basis produksi terbesar di pasar global. Dengan pasar yang berkembang pesat Indonesia makin menarik di dunia otomotif.

Pangsa pasar Toyota di Indonesia telah mengalami kenaikan menjadi sekitar 36% selama 10 tahun belakangan, di dorong oleh kondisi positif ekonomi Indonesia. Toyota sendiri merupakan perusahaan dengan penjualan global terbesar kelima di dunia.

Pada bulan Oktober lalu saja Toyota berhasil menjual 333,991 unit mobil, naik sebesar 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Secara keseluruhan total penjualan mobil Toyota di Indonesia tahun ini ditargetkan akan mampu mencapai 1 juta unit. Di tahun 2013 mendatang pangsa pasar Toyota diharapkan akan mampu mencapai angka 37 hingga 38%.

 

 

(Ika Akbarwati/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x