AS Membuka 209.000 Lapangan Kerja Pada Bulan Lalu

(Business Lounge – News) AS telah membuka 209.000 lapangan pekerjaan pada Juli lalu di tengah meningkatnya angka penganguran sebesar 6,2% sesuai data terbaru yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja. Sedangkan pada Mei dan Juni lapangan pekerjaan telah bertambah sebanyak 15.000 pekerjaan. Hal ini jelas telah meningkatkan rasa optimis bahwa perekonomian negara itu akan terus membaik. Adapun penambahan terbesar ada pada layanan bisnis professional dan pekerjaan manufaktur.

Pada Rabu (30/7), Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa ekonomi AS telah tumbuh lebih dari perkiraan yaitu sebesar 4% selama kuartal kedua.

AS Tambahkan 150.000 Lapangan Kerja per Bulan

Angka pengangguran yang cenderung menurun masih tetap terjaga, namun akan ada sedikit kenaikan-kenaikan di sepanjang jalan menuju posisi normal demikian dituliskan bank investasi AS Jefferies dalam sebuah catatan kepada klien seperti yang dilansir oleh BBC.

Biasanya pertumbuhan lapangan pekerjaan akan terjadi sangat kecil pada bulan Juli sehingga menjadi alasan meningkatnya angka pengangguran. Namun angka ini telah mendorong AS untuk menambahkan setidaknya 150.000 pekerjaan setiap bulan hanya untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk. Sampai hari ini, AS telah menambahkan lebih dari 200.000 pekerjaan.

Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, pertumbuhan upah yang tetap datar dan jumlah pengangguran jangka panjang (rata-rata mereka keluar dari pekerjaan selama lebih dari enam bulan) sehingga pada dasarnya tidak ada perubahan pada angka pengangguran yaitu 3,2 juta, atau sepertiga dari mereka yang mencari pekerjaan.

Angka Tenaga Kerja Lebih Baik

Ketua The Fed, Janet Yellen baru-baru ini menekankan bahwa data ketenagakerjaan dipastikan lebih baik dari pasca resesi 2008-09 namun masih tetap terdapat tantangan. Dia memberikan sebuah perumpamaan kepada majalah New Yorker bahwa kondisi pasca resesi adalah seperti kondisi saat ia harus mendorong seseorang dengan begitu kuat namun orang tersebut tidak pernah sampai kepada tujuan. Namun sekarang saat kondisi perekonomian mulai pulih, Yellen mengatakan bahwa ia hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk mendorong tetapi orang tersebut sudah dapat bergerak maju. Namun tindakan mendorong itu masih harus dilakukan.

Untuk mengisi 209.000 lapangan kerja yang baru, AS mengadakan bursa kerja di Boston, Massachusetts, pada Kamis (31/7). Itu merupakan kesempatan para pengusaha mendapatkan banyak resume dari para pencari kerja.

uthe/Journalist/VBN/BL