Alibaba Akan Berinvestasi Sebesar US $ 10 miliar Untuk Memperoleh Snapchat

(Business Lounge – Business Today) – Tahun lalu, Snapchat memutuskan menolak penawaran Facebook senilai US $ 3 miliar karena harganya tidak sesuai. Anda tahu berapa nilai yang sesuai bagi mereka? US $ 10 miliar. Snapchat saat ini dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan investor, termasuk juga  raksasa e-commerce Tiongkok  Alibaba Group Holdings, untuk sekitar pendanaan yang menilai Snapchat seharga $ 10 miliar.

Diskusi ini masih sedang berlangsung dan termnya juga masih bisa berubah, menurut laporan dari Bloomberg, yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui situasi yang terjadi.

Jika kesepakatan terjadi, itu akan menjadi pembenaran untuk Snapchat, yang menolak diambil alih Facebook seharga US $ 3 miliar pada tahun lalu dimana menjadi kebingungan para pengamat teknologi saat itu. Google juga berusaha untuk mengakuisisi perusahaan ini, yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan yang lenyap sedetik setelah mereka lihat.

Tapi para eksekutif Snapchat  bersikeras kemudian bahwa mereka tetap berada di dalamnya untuk jangka panjang dan tidak tertarik untuk menjualnya dan menyerahkan sepenuhnya kendali perusahaan ini.

CEO Snapchat  Evan Spiegel dan juru bicara Mary Ritti tidak menjawab email maupun telepon untuk memberikan komentar. Juru bicara Alibaba menolak memberikan komentar.

Alibaba sedang mempersiapkan untuk go public pada akhir tahun ini dan berusaha menjadi yang IPO yang terbesar di akhir tahun ini. Bulan ini, dalam aturan yang berlaku, Alibaba mengatakan penilaiannya adalah $ 130 miliar. Analis memperkirakan perusahaan, yang lebih besar dari Amazon dan EBay kalau digabungkan ini, bisa meningkat dari US  $ 15 miliar menjadi US $ 20 miliar dalam IPOnya.

Selain e-commerce, Alibaba juga memiliki minat dalam perbankan, peta, komputasi awan, musik, dan TV dan produksi film. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Alibaba telah sibuk meraup mayoritas dan minoritas saham di beberapa perusahaan untuk meningkatkan portofolionya sebelum go public.

Tahun ini kelompok itu mengumumkan akan menginvestasikan sekitar $ 692 juta pada chain department store Tiongkok Intime Retail Group untuk mengembangkan kehadirannya.  Mereka juga menyebabkan terjadinya putaran pembiayaan sebesar US $ 280-juta untuk aplikasi messaging Tango. Baru-baru ini juga mengakuisisi perusahaan mapping dan navigasi AutoNavi.

Sejak didirikan pada tahun 2011, Snapchat telah menghimpun dana sebesar $ 133 juta dari investor yang mencakup Benchmark Capital, Manajemen Coatue, Lightspeed Venture Partners dan Institutional Venture Partners (IVP).

Tahun lalu, setelah IVP berpartisipasi dalam investasi ini, partnernya Dennis Phelps menulis dalam sebuah posting blognya bahwa perusahaan modal ventura ini memilih untuk berinvestasi di Snapchat karena memiliki grafik pertumbuhan popularitas yang tinggi di kalangan pengguna muda. Dia mengatakan bahwa jarang mereka melihat aplikasi konsumen dengan jenis pengguna yang menekankan  momentum dan kegembiraan, dan Snapchat baru saja memulainya.

Arum/Journalist/VM/BL