ART JAKARTA GARDENS 2024: Bersemi dalam Kreativitas

(Business Lounge Journal – Event)

Art Jakarta Gardens segera akan dihelat kembali tahun ini.

Ajang pameran seni ini sebenarnya dibuat sebagai jawaban bagi para seniman untuk tetap dapat memajang hasil karyanya di masa pandemi. Ternyata pekan seni di udara terbuka ini mendapatkan banyak sambutan baik dari para pecinta seni, para seniman, juga galeri.

Art Jakarta Gardens pun kini bersemi menjadi ajang seni tahunan dan tahun ini Art Jakarta Gardens menjanjikan kehadiran yang lebih banyak lagi. Art Jakarta Gardens dengan pendekatannya yang menarik dalam menyuguhkan karya seni telah berhasil mendapatkan perhatian publik yang semakin luas. Sculpture Garden – yang menjadi program unggulan – akan memajang karya para seniman patung lintas generasi, mulai dari hasil karya para maestro patung Indonesia, G. Sidharta dan Nyoman Nuarta, hingga para seniman muda seperti Dian Hardiansyah dengan eksperimen kreatifnya.

Art Jakarta Gardens kembali akan diadakan di tengah Hutan Kota by Plataran, Jakarta pada tanggal 23 – 28 April 2024 mendatang. Menampilkan 23 galeri terkemuka disamping 30 patung luar ruangan yang tentu saja akan tampil memikat. Konsep yang ditawarkan Art Jakarta Gardens ini menawarkan pengalaman yang menggabungkan keselarasan seni dan alam bagi para pengunjungnya.

Hadir dalam jumpa pers pada Selasa (2/4) yang diadakan di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Enin Supriyanto selaku Artistic Director Art Jakarta. Enin memaparkan bagaimana karya seni patung sering kali kurang mendapat tempat pada berbagai ajang pameran seni. Hal ini dikarenakan keterbatasan ruang pamer. Kemudian Enin mencoba mengingat kembali bagaimana sejarah mencatat bagaimana Presiden Sukarno telah menjadikan kota Jakarta ini sebagai kota yang lekat dengan patung. Sebut saja Patung Selamat Datang, Patung Kuda, Patung Pancoran, banyak lagi yang selama ini menjadi icon di Kota Jakarta. Namun, belakangan tradisi membawa patung ke ruang publik di Jakarta seakan pudar.

Enin pun menyampaikan bahwa Art Jakarta Garden mencoba menampilkan kembali semangat seni patung walaupun dalam bentuk dan media yang berbeda sehingga dapat dinikmati di ruang publik. Tom Tandio selaku Fair Director juga berharap Art Jakarta Gardens dapat memberikan kontribusi memberikan peluang bagi generasi muda untuk dapat lebih mengenal dan mengapresiasi seni. Karena itu Art Jakarta Gardens memberikan lingkungan yang tidak terlalu formal.

Art Jakarta Gardens 2024 akan menampilkan serangkaian luas ragam karya seni dalam dan luar ruang,

Hari pertama Art Jakarta Gardens akan dibuka untuk pengunjung VIP sementara masyarakat umum akan disambut mulai pada hari Rabu, 24 April 2024.