(Business Lounge – Business Today), Indonesia merupakan negara yang menjadi sasaran bagi sejumlah maskapai penerbangan asing untuk dapat beroperasi dan melebarkan sayap bisnis penerbangannya, karena melihat padatnya penduduk Indonesia yang menggunakan jalur udara sebagai media transportasinya.
Sebut saja Tiger Airways dan AirAsia, dua maskapai asing yang melihat akan potensi kepadatan penduduk Indonesia yang sangat menarik untuk dapat meningkatkan akan pangsa pasar penerbangan mereka.
Hasil data survei dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sendiri pada tahun 2012 diperkirakan terdapat lebih dari 40 maskapai yang beroperasi dan mengangkut penumpang hingga sebanyak 57 juta orang.
Dan jumlah ini diyakini akan semakin terus meningkat mengingat akan laju bepergian dari masyarakat Indonesia yang menggunakan akan transportasi udara ini semakin meningkat.
Tiger Airways rencana nya akan memperluas jaringan penerbangannya dengan membuka dua rute penerbangan dari Singapura ke Yogyakarta dan Bandung.
Dengan penambahan rute ini diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar Indonesia dengan penawaran harga yang tentu akan sangat terjangkau yang tersebar di lebih dari 50 kota dari 13 negara.
Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia yang berinduk kepada Grup AirAsia yang berbasis di Malaysia, juga tidak mau ketinggalan. AirAsia mengumumkan bahwa AirAsia telah melakukan perluasan jaringan rute internasional dan domestiknya dari Medan dan Jakarta.
Demikian juga dengan Maskapai penerbangan Singapore Airlines juga mengumumkan membuka rute baru Surabaya-Singapura.
(rs/IK/bl)