11 Langkah Untuk Menulis Rencana Bisnis Strategis 5 Tahun (Bagian 3)

(Businesslounge Journal &Finance & Tax)

Berikut  ini adalah kelanjutan dari daftar 11 langkah untuk membantu Anda menulis rencana lima tahun yang lengkap:

  1. Sertakan metrik bisnis

Juga dikenal sebagai indikator kinerja utama (KPI), metrik bisnis menggambarkan kesuksesan bisnis saat ini melalui data yang terukur. Contoh KPI meliputi pertumbuhan penjualan, lalu lintas situs web, tingkat konversi, margin keuntungan, dan nilai pelanggan seumur hidup. Menyusun bagian ini sebagai daftar lengkap dengan nilai-nilai terkini dan bagaimana Anda mencapai masing-masing nilai tersebut akan membuat data ini jauh lebih mudah dipahami oleh siapa pun yang membaca rencana tersebut.

  1. Identifikasi target audiens

Target audiens adalah konsumen yang paling mungkin membeli produk atau layanan suatu organisasi. Bergantung pada penawarannya, sebuah bisnis mungkin memiliki satu target audiens atau sejumlah target audiens. Menjelaskan target audiens dapat membantu pembaca rencana lima tahun lebih memahami bagaimana perusahaan bertujuan memasarkan merek dan meningkatkan pendapatan.

  1. Lakukan analisis industri

Bagian ini berfokus pada pertumbuhan organisasi dari perspektif industri. Analisis industri menunjukkan bahwa Anda memahami jenis-jenis persaingan dalam industri dan bagaimana bisnis memegang posisi yang kuat terhadap persaingan tersebut. Analisis ini juga menunjukkan pemahaman tentang pasar, bagaimana kemungkinannya untuk tumbuh, dan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan sepenuhnya untuk menjadi pemimpin pasar.

  1. Rencana pemasaran yang terperinci

Pemasaran merupakan elemen penting bagi bisnis apa pun. Sertakan rencana pemasaran komprehensif yang mencakup secara tepat bagaimana perusahaan bertujuan memasarkan produk atau layanannya. Rencana ini dapat berisi kampanye atau pendekatan spesifik yang Anda pertimbangkan selama lima tahun dan berbagai saluran yang Anda gunakan, seperti media sosial, email, media cetak, blog, atau situs web perusahaan. Investor mungkin lebih cenderung berinvestasi dalam bisnis dengan cara-cara yang kreatif, terstruktur dengan baik, dan cerdas untuk memasarkan produk mereka dan menempatkannya di tangan target audiens mereka.

  1. Gambarkan bakat

Manusia merupakan bagian integral dari kesuksesan bisnis. Mengilustrasikan bakat dalam tim dan keyakinan mereka terhadap kemampuan mereka untuk melaksanakan rencana bisnis akan menambah kredibilitas proposal yang signifikan bagi investor. Gambarkan nama, posisi, latar belakang, keterampilan, pengalaman, dan kemampuan masing-masing anggota tim, terutama tim manajemen, dan bagaimana kontribusi mereka terhadap organisasi.

  1. Gambarkan proyeksi keuangan

Mungkin salah satu pertimbangan terpenting bagi investor, proyeksi keuangan mencakup apa yang Anda yakini dapat dicapai bisnis selama lima tahun ke depan dari sudut pandang fiskal. Proyeksi keuangan merupakan prakiraan yang matang tentang bagaimana perusahaan berencana untuk berkinerja dan mencakup pertumbuhan pendapatan, laba, dan perkiraan pengeluaran. Proyeksi keuangan mencakup laporan laba rugi, neraca, dan estimasi arus kas.

  1. Tulis kesimpulan

Kesimpulan adalah ringkasan akhir dari bagian-bagian sebelumnya untuk mengilustrasikan semua poin penting yang terdapat di seluruh rencana. Bagian ini juga berfungsi sebagai ajakan untuk bertindak dan menjelaskan mengapa bisnis ini bernilai bagi calon investor. Tidak masalah untuk mengulangi isi dari ringkasan eksekutif dan bagian lainnya, karena bagian ini bertujuan untuk menyatukan keseluruhan rencana.